image article
28-January-2021
IDENTIFIKASI CEPAT DAN AKURAT COVID-19 DENGAN RAPID TEST ANTIGEN

Bagaimana profil produk ACCU-TELL® SARS-CoV-2 Ag Cassette (Nasopharyngeal Swab)?

Selain tes PCR, rapid test juga kerap digunakan sebagai pemeriksaan awal COVID-19. Sesuai namanya, hasil rapid test bisa langsung diketahui dalam waktu yang singkat, biasanya hanya sekitar beberapa menit atau paling lama 1 jam untuk menunggu hasil pemeriksaan keluar. Tes antigen biasanya digunakan dalam diagnosis patogen pernapasan, termasuk virus influenza. Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika (FDA) telah memberikan otorisasi penggunaan darurat atau Emergency Used Authorization (EUA) untuk uji antigen yang dapat mengidentifikasi SARS-CoV-2. Uji antigen dilakukan pada spesimen usap nasofaring (hidung bagian dalam) yang ditempatkan langsung ke dalam buffer ekstraksi atau reagen uji. Tidak ada batasan usia dalam menggunakan rapid test antigen COVID-19 ini (CDC, 2020

 

      

Bahasan produk kali ini yang telah memiliki sertifikasi global CE yaitu ACCU-TELL® SARS-CoV-2 Ag Cassette (Nasopharyngeal Swab), dengan kemasan per boks berisi 25 tes, 25 buah tabung ekstraksi dan penutupnya, 25 buah nasopharyngeal swab, dan 1 botol larutan buffer.

ACCU-TELL® SARS-CoV-2 Ag Cassette (Nasopharyngeal Swab) bersifat kualitatif dengan prinsip immunochromatographic assay untuk mendeteksi keberadaan antigen SARS-CoV-2 pada pasien, khususnya nukleokapsid SARS-CoV-2 pada sampel pasien dengan metode pengambilan sampel berupa nasopharyngeal swab. Nukleokapsid merupakan protein yang terdapat pada struktur SARS-CoV-2 dan menjadi target yang ideal untuk diagnosis meskipun baru terpapar virus selama 1 hari (Diao et al., 2020). Dalam tes ini, antibodi khusus untuk protein Nukleokapsid (N) SARS-CoV-2 secara terpisah melapisi area uji dari kaset. Selama pengujian, spesimen yang ada bereaksi dengan antibodi terhadap protein N dari SARS-CoV-2 yang dilapisi pada partikel. Campuran itu bermigrasi ke atas membran untuk bereaksi dengan antibodi protein N SARS-CoV-2 pada membran dan menghasilkan satu garis berwarna di daerah uji. Adanya garis berwarna pada daerah pengujian (T) menunjukkan hasil positif/reaktif. Garis berwarna akan selalu muncul di wilayah kontrol (C) jika pengujian telah dilakukan dengan benar.

 

Fitur dan manfaat rapid test antigen merk ACCU-TELL® SARS-CoV-2 Ag Cassette (Nasopharyngeal Swab)

Fitur 

  • Penggunaan antibodi protein N SARS-CoV-2 yang dilekatkan pada membran kaset uji
  • Sampel diambil dari nasopharnyngeal swab
  • Prinsip alat berupa immunochromatographic assay
  • 1 boks dilengkapi dengan kaset uji, tabung ekstraksi dan penutupnya, nasopharyngeal swab, dan bufferc
  • Tersedia 1 botol buffer untuk 25 tes*
  • Hasil dapat diinterpretasi pada 10 menit (singkat)
  • Produk mempunyai sertifikasi CE
  • Produk memiliki tanggal kadaluarsa pasca produsi (expired date) selama 2 tahun (cukup panjang)

Manfaat

  • Protein N dikenal sebagai target yang ideal untuk melihat keberadaan virus  meskipun baru terpapar virus selama 1 hari (Diao et al., 2020).
  • Praktis dan nyaman bagi pasien karena tidak invasif (tidak melukai) dimana material dan bentuk swab nasofaring sesuai rekomendasi WHO
  • Memudahkan pengguna membaca hasil melalui garis berwarna yang terbentuk
  • Tidak membutuhkan alat dan bahan tambahan ketika menggunakan produk

    (kecuali alat pelindung diri dan penampung limbah)
  • Praktis digunakan oleh 1 orang pengguna di laboratorium
  • Pengguna dapat menentukan tindakan segera selanjutnya merujuk pada hasil yang muncul
  • Kualitas terjamin dan sesuai rekomendasi global
  • Pengguna dapat menyimpan stok jumlah tertentu tanpa khawatir kualitas produk berkurang

 

*tersedia botol larutan buffer tambahan jika diperlukan

 

Cara Pakai ACCU-TELL® SARS-CoV-2 Ag Cassette (Nasopharyngeal Swab):

     

  1. Teteskan 8 tetes buffer pada tabung ekstraksi yang tersedia
  2. Tempatkan spesimen hasil swab dalam Tabung Ekstraksi. Putar swab selama kurang lebih 10 detik sambil ditekan-tekan ke bagian dalam tabung untuk memaksimalkan pengambilan sampel
  3. Lepaskan swab sambil menekan kepala swab pada bagian dalam tabung ekstraksi untuk mengeluarkan sebanyak mungkin cairan yang ada. Buang swab berdasarkan protokol pembuangan limbah biohazard
  4. Pasang tabung penutup dan teteskan 3 tetes campuran pada kaset uji (S). Baca hasil setelah 10 menit. Jangan membaca hasil setelah 20 menit.
  5. Interpretasi hasil sesuai gambar

Catatan penting bahwa perlu diperhatikan bahwa penggunaan kaset uji maksimal 1 jam setelah dikeluarkan kemasan/segel.

 

 

Referensi:

  • Diao, B, Wen, K., Zhang, J., Chen, J., Hao, C., Chen, Y., Wang, S., Deng, G., Zhou, H. & Wu, Y. 2020. Accuracy of a nucleocapsid protein antigen rapid test in the diagnosis of SARS-CoV-2 infection. Clinical Microbiology and Infection, 2020: 1-14.
  • 2020. Interim Guidance for Antigen Testing for SARS-CoV-2. Diambil dari CDC: https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/lab/resources/antigen-tests-guidelines.html (6 Januari 2020).
  • Instruction for Use ACCU-TELL® SARS-CoV-2 Ag Cassette (Nasopharyngeal Swab). 2020 by AccuBiotech Co., Ltd.

 

 

 

 

Tags
Share