image article
14-April-2023
MINUM ALKOHOL DAPAT MEMICU KADAR ASAM URAT TINGGI DALAM TUBUH ANDA

Asam Urat (Gout) adalah penyakit umum yang bisa sangat menyakitkan dan memiliki konsekuensi jangka panjang untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Ada beberapa pemicu yang dapat memengaruhi perkembangan asam urat, termasuk penggunaan alkohol. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang hubungan antara minum alkohol dan asam urat, dan pertimbangan yang perlu diperhatikan untuk kesehatan yang optimal.

Apa itu asam urat?

Asam urat (gout) adalah sejenis artritis inflamasi (peradangan pada sendi) yang menyebabkan nyeri hebat pada persendian yang terkena. Gejala dapat dimulai tanpa peringatan dan bertahan selama berhari-hari atau berminggu-minggu, dan kemudian menjadi remisi yaitu bebas dari gejala untuk jangka waktu yang lama, bahkan bertahun-tahun namun pada sendi mulai mengalami pengapuran. Gout dapat mempengaruhi berbagai sendi dan biasanya terjadi pada satu sendi pada satu waktu. Ini sering mempengaruhi persendian di jari kaki, terutama jempol kaki, tapi bisa juga terjadi di pergelangan kaki, lutut, dan persendian lainnya. Gejalanya meliputi:

  • Nyeri, biasanya hebat, dimulai secara tiba-tiba dan seringkali pada malam hari.
  • Pembengkakan, kekakuan, kemerahan, dan kehangatan pada sendi yang terkena.

Bagaimana Alkohol Mempengaruhi Asam Urat?

Minum alkohol memengaruhi risiko asam urat dengan dua cara utama:

  1. Beberapa alkohol (terutama bir) mengandung purin tinggi, yang kemudian dipecah menjadi asam urat.
  2. Semua alkohol termasuk bir, anggur, dan minuman keras dapat memengaruhi proses di ginjal yang pada gilirannya berdampak pada bagaimana asam urat dihilangkan dalam urin.

Alkohol membuat asam urat ditarik kembali ke dalam tubuh, dengan sedikit [dikeluarkan] melalui urin. Hal ini menyebabkan peningkatan kadar asam urat dalam darah. Ketika asam urat tidak diekskresikan dalam urin, asam urat selanjutnya berkontribusi pada pembentukan kristal pada persendian yang menyebabkan rasa sakit dan peradangan hebat.

Jenis Alkohol Apa yang Terburuk dan menyebabkan Asam Urat?

Semua jenis alkohol memengaruhi asam urat, tetapi dampaknya pada flare dan gejala dapat bervariasi berdasarkan jenis alkohol, tergantung pada studi mana yang Anda lihat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bir sangat buruk untuk asam urat karena mengandung kadar purin yang lebih tinggi yang terurai langsung menjadi asam urat. Sebuah studi tahun 2004 yang diterbitkan dalam jurnal medis The Lancet  menemukan bahwa "alkohol sangat terkait dengan peningkatan risiko asam urat".

Bisakah mengubah kebiasaan minum Anda untuk mencegah asam urat?

Saat Anda menderita asam urat, penting untuk menjaga kadar asam urat serendah mungkin untuk menghindari kekambuhan. Karena alkohol meningkatkan kadar asam urat, banyak dokter akan merekomendasikan minum secukupnya atau menguranginya secara signifikan.

Jika Anda menikmati alkohol, melakukan perubahan sederhana pada kebiasaan minum Anda dapat membantu menghindari kekambuhan di masa mendatang. Bahkan jika Anda tidak menderita asam urat, menghindari minuman keras bahkan dapat membantu mencegah pengalaman asam urat yang pertama kali.

Apakah Asam Urat Berbahaya?

Asam urat dapat menyebabkan komplikasi, meskipun perkembangan dan prospek kondisinya dapat bervariasi antar individu tergantung pada berbagai faktor. Banyak dari faktor-faktor ini mudah dibentuk dan dapat dikelola atau diobati secara efektif dengan obat-obatan. Meskipun asam urat tidak mengancam jiwa secara langsung, asam urat dapat menyebabkan masalah besar lainnya, termasuk:

  • Infeksi dan kerusakan sendi yang terkena, termasuk kelainan bentuk.
  • Pembentukan  batu ginjal , penyakit ginjal kronis, atau kerusakan ginjal.
  • Artritis gout adalah jenis artritis progresif.
  • Risiko lebih besar terkena masalah jantung.

Kiat Mengatasi & Pencegahan

Perubahan gaya hidup dapat membantu Anda mengatasi asam urat dan dapat membantu mencegah serangan. Saat Anda mengalami suar, akan sangat membantu untuk mengistirahatkan sendi yang terkena, menjaganya tetap tinggi, dan menggunakan es di atasnya untuk waktu yang singkat. Tetap terhidrasi juga dapat membantu suar berlalu. Mengelola gout melibatkan mengambil langkah-langkah untuk menghindari kambuh di masa depan, dan dapat mencakup banyak hal berbeda, termasuk:

  • Mempertahankan berat badan yang sehat. Jika Anda kelebihan berat badan, menurunkan berat badan dapat menurunkan risiko kekambuhan di masa mendatang dan mengurangi tekanan pada persendian.
  • Perubahan pola makan. Menjauhi makanan tinggi purin, seperti daging merah, jeroan, dan makanan laut dapat membantu Anda menghindari pemicunya. Makan banyak buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Selain itu, cobalah untuk menghindari makan banyak makanan berlemak atau manis. Memasukkan lebih banyak susu rendah lemak ke dalam diet Anda dapat membantu menurunkan jumlah flare yang Anda dapatkan.
  • Jauhi soda dan batasi asupan alkohol Anda, terutama bir dan minuman keras, yang dikenal sebagai pemicu serangan asam urat. Pastikan untuk minum air yang cukup agar tetap terhidrasi.
  • Latihan berdampak rendah tingkat sedang, seperti berjalan, berenang, atau mengendarai sepeda, dapat membantu melindungi persendian dan mempertahankan berat badan yang sehat.
  • Hindari rokok. Jika Anda merokok, berhenti adalah ide yang bagus.
  • Pemantauan kadar asam urat secara teratur, dengan memantau kadar asam urat Anda, Anda dapat mencegah masalah kesehatan yang serius di kemudian hari. 

Untuk pemantauan asam urat, PT Isotekindo Intertama memiliki UASure II Blood Uric Acid Monitoring System yang menggunakan teknologi biosensor canggih dan merupakan sistem genggam pertama untuk profesional kesehatan dan pengguna individu dengan kenyamanan perangkat portabel dan pengoperasian yang mudah untuk asam urat darah pemantauan diri. Ini adalah produk UA Sure generasi ke-2. Berikut fitur dan keuntungan dari UA Sure II:

  1. Dilengkapi dengan port USB, yang memudahkan transfer data UASure II Blood Uric Acid Monitoring System  
  2. Sampel darah yang dibutuhkan sedikit (≧ 1,5 µL), yang meminimalkan rasa sakit saat pemeriksaan karena tidak perlu menusuk terlalu dalam
  3. Kapasitas memori besar hingga 200 memori.

Referensi:

  1. Americanaddiction.org (2022). Gout & Alkohol: Apakah Penggunaan Alkohol Mempengaruhi Gout?
  2. Healthline (2022). Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Alkohol dan Asam Urat
  3. Insert Pack UASure II Blood Uric Acid Monitoring System
Tag
Asam Urat
Bagikan
Artikel Terkait