image article
2020-10-07
Kadar keton yang tinggi dalam darah Anda adalah tanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres.
Keton dalam jumlah besar menumpuk, keasaman darah meningkat, dan Anda menderita apa yang disebut ketoasidosis diabetik, atau disingkat DKA, masalah medis yang perlu penanganan mendesak.
image article
2020-09-16
Berbahaya! Aneka penyakit bisa didapat akibat kualitas udara buruk dalam ruang tertutup
Saat ini banyak penyakit yang berhubungan dengan kualitas udara, baik penyakit ringan hingga penyakit yang berat sekalipun seperti ISPA, TBC, Pneumonia, Covid-19 bahkan kanker. Menurut data, terdapat hampir 90% masyarakat yang tinggal diperkotaan, lebih sering menghabiskan waktunya didalam ruangan tertutup baik itu untuk bekerja, belajar, istirahat, maupun berdiskusi. Oleh karena itu, saat ini perlu dipikirkan bagaimana cara menciptakan udara yang sehat sehingga dapat terhindar dari penyakit-penyakit yang disebabkan oleh udara tersebut. WHO merekomendasikan penggunaan teknologi UltaViolet Germicidal Irradiation (UVGI) seperti OXIRA tipe XG yang dapat dipergunakan masyarakat umum dalam ruang tertutup. Oxira tipe XG terbukti efektif meredam daya infeksius mikroorganisme sampai 85%.
image article
2020-02-27
Demam Tifoid
Salmonella typhi (S. typhi) adalah salah satu bakteri Gram Negatif yang merupakan kuman pathogen penyebab demam tifoid, yaitu suatu penyakit infeksi sistemik dengan gambaran demam yang berlangsung lama, adanya bacteremia disertai inflamasi yang dapat merusak usus dan organ-organ hati.
image article
2019-12-20
Mendeteksi Penyalahgunaan Narkoba
Penyalahgunaan narkoba di Indonesia merupakan kasus yang semakin hari semakin meningkat. Sepanjang tahun 2017, BNN telah mengungkap 46.537 kasus narkoba diseluruh wilayah Indonesia (Fitang, 2017).
image article
Diabetes Melitus, The Silent Killer
Penyandang Diabetes Mellitus dari data global dan Indonesia, meningkat signifikan dari waktu ke waktu. WHO memperkirakan bahwa secara global 422 juta orang dewasa berusia diatas 18 tahun hidup dengan diabetes pada tahun 2014. Jumlah terbesar orang dengan diabetes diperkirakan berasal dari Asia Tenggara dan Pasifik Barat, terhitung sekitar setengah kasus diabetes di dunia. Di seluruh dunia, jumlah penderita diabetes telah meningkat secara substansial antara tahun 1980 dan 2014, telah terjadi peningkatan sekitar empat kali lipat dari yang jumlahnya 108 juta menjadi 422 juta jiwa.
image article
Pemeriksaan HbA1C Akurat, Praktis, dan Harga Terjangkau
Semakin tinggi jumlah HbA1c berarti semakin banyak hemoglobin yang berikatan dengan glukosa, dan ini menandakan bahwa gula darah tinggi. Jika jumlah HbA1c melebihi 8%, kemungkinan Anda mengalami diabetes yang tidak terkontrol dan berisiko mengalami komplikasi.
image article
Ginjal, Sayangi atau Meninggal Dini
Penyakit Ginjal Kronis (PGK) adalah penurunan progresif fungsi ginjal dalam beberapa bulan atau tahun, selain itu Penyakit Ginjal Kronis (PGK) awalnya tidak menunjukkan tanda dan gejala namun dapat berjalan progresif menjadi gagal ginjal. Data mengenai penyakit ginjal didapatkan dari hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas), Indonesian Renal Registry (IRR), bahwa di Indonesia, populasi umur ≥ 15 tahun yang terdiagnosa gagal ginjal kronis sebesar 0,2%.
image article
Deteksi Dini Kerusakan Ginjal
Tentu dengan deteksi dini sebelum kerusakan ginjal berjalan progresif di derajat 3 atau lebih, maka pasien dan dokter akan mempunyai rencana terapi dan tindakan yang tepat, agar kerusakan ginjal tidak menjadi tahap terminal dengan cepat sehingga mencegah intervensi tindakan hemodialisis atau “cuci darah” yang artinya kualitas hidup pasien akan tetap terjaga dan menghindari kematian dini.