image article
12-February-2023
APA REKOMENDASI TERBARU UNTUK VAKSINASI HEPATITIS B?

Pada pertemuan yang diadakan pada 2–3 November 2021, Komite Penasehat Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) tentang Praktik Imunisasi, meninjau rekomendasinya tentang vaksin untuk penyakit menular. Dalam pertemuan ini, panitia merevisi pedoman rekomendasi vaksin hepatitis B untuk melindungi lebih banyak orang dari dampak infeksi virus hepatitis B.

 

Hepatitis B adalah penyakit hati menular yang dapat dicegah dengan vaksin yang disebabkan oleh HBV. HBV ditularkan melalui perkutan (yaitu, tusukan melalui kulit) atau mukosa (yaitu, kontak langsung dengan selaput lendir) paparan darah menular atau cairan tubuh.

Sebagai bagian dari rencana CDC untuk mengatasi HBV, Divisi Viral Hepatitis CDC mengumumkan tujuan untuk mengurangi infeksi HBV sebesar 90% dan kematian terkait HBV sebesar 65% pada tahun 2030. Untuk membantu mencapai tujuan ini, CDC telah menyusun vaksinasi hepatitis B baru rekomendasi untuk tahun 2022. Vaksin dapat membantu mencegah penyakit ini dan telah mengurangi jumlah kasus hepatitis B yang dilaporkan sebesar 90% sejak diperkenalkan pada tahun 1982.

Vaksin hepatitis B sekarang direkomendasikan untuk orang dewasa berusia 19 hingga 59 tahun tanpa pemeriksaan dan pengungkapan faktor risiko. Hal ini membantu meningkatkan cakupan vaksinasi dan mengurangi kasus.

Vaksin ini juga direkomendasikan untuk orang dewasa berusia 60 tahun atau lebih yang memiliki faktor risiko hepatitis B. Faktor risiko antara lain berhubungan seks tanpa kondom atau metode penghalang, berbagi jarum suntik, dan memiliki pekerjaan yang membuat seseorang terpapar darah manusia lain.

Disarankan juga agar orang dewasa berusia 60 tahun atau lebih bisa mendapatkan vaksin, bahkan tanpa faktor risiko yang diketahui. Panduan klinis baru menyarankan penyedia untuk menawarkan vaksinasi kepada kelompok ini. Sebelumnya, panduan klinis menginstruksikan penyedia untuk memberikan vaksin hepatitis B hanya jika diminta oleh pasien.

 

Bagaimana jadwal vaksinasi yang dianjurkan untuk hepatitis B?

 

Gambar 1. Vaksin untuk Hepatitis B

 

PreHevbrio merupakan vaksin terbaru yang disetujui Food and Drug Administration (FDA) untuk hepatitis B di Amerika Serikat, yang dirilis pada November 2021. PreHevbrio disetujui untuk digunakan pada orang dewasa berusia 18 tahun ke atas. Jadwal vaksin yang direkomendasikan untuk PreHevbrio mencakup tiga dosis selama 6 bulan. Dosis pertama pada 0 bulan, dosis kedua pada 1 bulan, dan dosis ketiga dan terakhir pada 6 bulan.

Vaksin rekombinan ketiga dengan adjuvan baru, Heplisav-B (Dynavax) juga disetujui untuk orang dewasa berusia 18 tahun ke atas. Heplisav-B membutuhkan 2 dosis yang diberikan dengan jarak 1 bulan. Infeksi HBV tidak dapat dihasilkan dari penggunaan vaksin rekombinan karena tidak ada DNA virus yang berpotensi menular atau partikel virus lengkap yang diproduksi dalam sistem rekombinan.

Engerix-B (GSK) dan Recombivax HB (Merck) disetujui penggunaannya untuk populasi anak dan dewasa. Pemberian vaksin bervariasi antara 2 sampai 3 dosis tergantung pada usia tetapi umumnya mengikuti jadwal 6 bulan.

Bergantung pada jumlah dosis, vaksin-vaksin ini biasanya diberikan pada 0, 1–2, dan 4–6 bulan setelah dimulainya proses vaksinasi.

Tiga dosis biasanya diperlukan untuk menyelesaikan serangkaian vaksinasi hepatitis B. Namun, mereka yang menerima Heplisav-B hanya membutuhkan dua dosis untuk menyelesaikan satu seri. Beberapa orang mungkin juga hanya membutuhkan dua dosis tergantung pada usia dan jenis vaksin.

Vaksin hepatitis B telah secara signifikan mengurangi jumlah kasus yang dilaporkan selama 40 tahun terakhir. Telah terbukti dapat mencegah infeksi HBV, yang dapat menimbulkan komplikasi serius pada hati jika tidak ditangani.

Pedoman vaksin hepatitis B baru dari CDC membantu membuat vaksin lebih efektif dalam mencegah penyakit dan mengurangi jumlah infeksi dan kematian.

Meskipun vaksinasi terhadap hepatitis B penting untuk mencegah penyakit ini, namun vaksinasi mungkin saja tidak aman bagi sebagian orang yang pernah mengalami reaksi alergi serius terhadap dosis vaksin hepatitis B di masa lalu, komponen vaksin hepatitis B, atau ragi. Utamakan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum melakukan vaksinasi hepatitis B.

 

Referensi:

  1. Centers for Disease Control and Prevention. (2021). Hepatitis B Vaccine.
  2. Centers for Disease Control and Prevention. (2022). Universal Hepatitis B Vaccination in Adults Aged 19–59 Years
  3. (2022). CDC Committee Outlines New Recommendations for Hepatitis B Vaccine in 2022
Tag
Disinfektan
Syphilis
Bagikan
Artikel Terkait