image article
01-June-2022
WASPADA DIABETES MELLITUS PADA ANAK

Diabetes mellitus pada anak merupakan salah satu kondisi yang harus di monitoring, terutama bagi anak yang beresiko mengalami diabetes. Beberapa gejala hingga cara menanggulanginya akan dibahas pada artikel berikut.

Jumlah anak dengan diabetes mellitus (DM) meningkat di seluruh dunia di negara-negara industri dan berkembang. Ada 2 jenis diabetes mellitus, yaitu tipe 1 dan 2. Diabetes tipe 1 pada anak adalah kondisi di mana tubuh anak tidak lagi memproduksi hormon penting (insulin). Anak Anda membutuhkan insulin untuk bertahan hidup, sehingga insulin yang hilang perlu diganti dengan suntikan atau dengan pompa insulin. Diabetes tipe 1 pada anak-anak dulu dikenal sebagai diabetes juvenil atau diabetes yang bergantung pada insulin. Tidak ada obat untuk diabetes tipe 1 pada anak-anak, tetapi dapat dikelola. Kemajuan dalam pemantauan gula darah dan pengiriman insulin telah meningkatkan manajemen gula darah dan kualitas hidup anak-anak dengan diabetes tipe 1.

Penyebab

Penyebab pasti diabetes tipe 1 tidak diketahui. Tetapi pada kebanyakan orang dengan diabetes tipe 1, sistem kekebalan tubuh yang biasanya melawan bakteri dan virus berbahaya secara keliru menghancurkan sel-sel penghasil insulin (pulau langerhans) di pankreas. Genetika dan faktor lingkungan tampaknya berperan dalam proses ini.

Faktor risiko

Diabetes tipe 1 paling sering terjadi pada anak-anak tetapi dapat terjadi pada usia berapa pun. Faktor risiko diabetes tipe 1 pada anak-anak meliputi:

  1. Sejarah keluarga. Siapa pun yang memiliki orang tua atau saudara kandung dengan diabetes tipe 1 memiliki sedikit peningkatan risiko terkena kondisi tersebut.
  2. Genetika. Gen tertentu menunjukkan peningkatan risiko diabetes tipe 1.
  3. Virus tertentu. Paparan berbagai virus dapat memicu penghancuran autoimun sel-sel pulau langerhans.

Diagnosa

Ada beberapa tes darah untuk diabetes tipe 1 pada anak-anak. Tes-tes ini digunakan untuk mendiagnosis diabetes dan memantau manajemen diabetes:

  • Tes gula darah acak adalah tes skrining utama untuk diabetes tipe 1. Sampel darah diambil secara acak. Tingkat gula darah 200 miligram per desiliter (mg/dL), atau 11,1 milimol per liter (mmol/L), atau lebih tinggi, bersama dengan gejala, menunjukkan diabetes.
  • Tes hemoglobin terglikasi (A1C). Tes ini menunjukkan kadar gula darah rata-rata anak Anda selama 3 bulan terakhir. Tingkat A1C 6,5% atau lebih tinggi pada dua tes terpisah menunjukkan diabetes.
  • Tes gula darah puasa. menggunakan sampel darah diambil setelah anak tidak makan (puasa) setidaknya selama 8 jam atau semalam. Tingkat gula darah puasa 126 mg/dL (7,0 mmol/L) atau lebih tinggi menunjukkan diabetes tipe 1.

Pencegahan

Saat ini tidak ada cara yang diketahui untuk mencegah diabetes tipe 1, tetapi ini adalah bidang penelitian yang sangat aktif. Antibodi yang terkait dengan diabetes tipe 1 pada anak-anak yang memiliki risiko tinggi terhadap gangguan tersebut dapat dideteksi berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun sebelum gejala pertama diabetes tipe 1 muncul. Para peneliti sedang mengerjakan:

  1. Mencegah diabetes tipe 1 pada orang yang memiliki risiko tinggi terkena penyakit ini
  2. Mencegah penghancuran lebih lanjut dari sel-sel pulau pada orang yang baru didiagnosis

Untuk monitoring gula darah pada anak, PT Isotekindo Intertama memiliki produk khusus yaitu Multisure GK Blood Glucose dan Ketone Monitoring System. Sistem Pemantauan Glukosa dan Keton Darah Multisure GK Blood Glucose dan Ketone Monitoring System menawarkan cara cepat dan mudah untuk menguji badan glukosa dan keton dalam darah menggunakan strip tes terpisah dan menentukan risiko langsung DKA (Diabetes Keto Asidosis).

Berikut beberapa fitur unggulan dan manfaat dari Multisure GK Blood Glucose and Ketone Monitoring System:

  • Pengujian waktu singkat Multisure GK Blood Glucose dan Ketone Monitoring System hanya membutuhkan waktu 5 detik untuk uji glukosa dan 8 detik untuk uji keton, sehingga waktu pengujian menjadi efisien
  • Parameter 2 in 1 : Biaya pemeriksaan lebih murah & praktis langsung untuk 2 pengujian yaitu glukosa & keton
  • Kisaran hematokrit lebar: Dapat digunakan untuk anak-anak karena jangkauan membaca mereka lebih tinggi

Mari cegah diabetes pada anak dengan kontrol gula darah teratur menggunakan Multisure GK Blood Glucose dan Ketone Monitoring System.

 

Referensi:

  1. Insert Pack Multisure GK Blood Glucose dan Ketone Monitoring System
  2. Mayo Clinic (2020). Type 1 diabetes in children
  3. Mayo Clinic (2020). Mayo Clinic Guide to Raising a Healthy Child

 

Tag
Gula Darah
Bagikan
Artikel Terkait