image article
01-May-2019
HADAPI DIABETES DENGAN KONTROL NILAI HbA1c UNTUK TENTUKAN POLA HIDUP DAN TARGET PENGOBATAN

Jika Anda berisiko terkena diabetes atau sering mengalami peningkatan kadar gula darah tetapi belum pernah didiagnosis diabetes (prediabetes), Anda dapat memanfaatkan tes HbA1c untuk memastikannya setiap 1-2 tahun. Namun, jika Anda telah didiagnosis menderita diabetes, tes HbA1c dapat digunakan sebagai alat kontrol untuk keberhasilan pengobatan. Ini dilakukan dengan memeriksa apakah kadar gula darah Anda berada pada nilai target. Oleh karena itu, penderita diabetes disarankan untuk melakukan pemeriksaan HbA1c secara rutin setiap 3-6 bulan sekali.

Hasil pemeriksaan HbA1c akan ditulis dalam persentase, dengan interpretasi sebagai berikut:

  1. Normal; tingkat HbA1c di bawah 5,7%
  2. Pradiabetes; tingkat HbA1c antara 5.7-6.4%
  3. Diabetes; tingkat HbA1c adalah 6,5% atau lebih

Semakin tinggi jumlah HbA1c berarti semakin banyak hemoglobin yang mengikat glukosa, dan ini menandakan bahwa gula darah tinggi. Jika jumlah HbA1c melebihi 8%, Anda mungkin menderita diabetes yang tidak terkontrol dan berisiko mengalami komplikasi. Dulu, tes HbA1c mahal dan butuh waktu lama untuk mengujinya. Namun saat ini metodenya sudah cukup maju sehingga hasil HbA1c bisa muncul dalam hitungan jam bahkan menit. Sebagai dokter, pasien, dan penyedia jasa laboratorium sederhana tentunya membutuhkan jaminan kualitas hasil yang akurat, praktis, dan terjangkau. Jadi, PT Isotekindo Intertama menyediakan produk PCH-100 impor sebagai alat tes HbA1c yang diakui secara global.

Bagaimana dengan durasi waktu yang dibutuhkan, apakah masih lama dan merepotkan seperti mengecek metode dan alat lain?

Lamanya waktu pemeriksaan adalah 3,5 menit yang sangat cepat dibandingkan dengan metode dan alat HbA1c lainnya, sehingga menciptakan efisiensi waktu kerja di laboratorium klinik, sehingga meningkatkan produktivitas operator sekaligus menciptakan rasa percaya diri dan kepuasan pasien.

Apakah Sinocare PCH-100 HbA1c Analyzer praktis dan mudah digunakan oleh operator serta nyaman bagi pasien?

Alat ini disukai oleh operator karena mudah, cepat, dan tepat dalam pengerjaannya karena terdapat panduan suara yang dikeluarkan alat tersebut pada setiap tahapan pemeriksaannya. Ditambah data yang bisa disimpan di perangkat Sinocare PCH-100 HbA1c Analyzer ini mampu mencapai hasil uji 1.000 HbA1c. Tentunya hal ini menambah kepastian proses akreditasi laboratorium dalam hal administrasi pencatatan hasil pasien. Bagi pasien, perangkat Sinocare PCH-100 HbA1c Analyzer memberikan kemudahan dalam pemeriksaan karena HbA1c dapat diperoleh dari sejumlah sampel darah tepi (jari) atau darah vena yang hanya 5 µL.

Bagaimana harga pengecekan HbA1c dengan alat PCH-100 ini?

Pada era JKN-BPJS, kebutuhan akan produk dan hasil yang berkualitas dengan harga terjangkau menjadi faktor penting dalam pelayanan kesehatan. Sehingga Sinocare PCH-100 HbA1c Analyzer dengan metode pengecekan HbA1c menggunakan Boric Acid Affinity Chromatography akan mampu menjawab kebutuhan tersebut. Jaminan servis penggunaan alat Sinocare PCH-100 HbA1c Analyzer juga resmi dilakukan oleh PT. Isotekindo Intertama dan menunjuk perusahaan rekanan resmi di seluruh Indonesia.

 

Referensi:

  1.  Konsensus Pengelolaan dan Pencegahan Diabetes Melitus Tipe 2 di Indonesia. PERKENI. 2015
  2. Pedoman Pengelolaan dan Pencegahan Diabetes Melitus Tipe 2 di Indonesia. PERKENI. 2019
  3. INFODATIN Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI. 2014
Tag
Gula Darah
HbA1c
Hemoglobin & Hematrokrit (Hb & Ht)
Bagikan
Artikel Terkait