image article
29-May-2022
8 TIPS SEHAT UNTUK LANSIA

Kesehatan merupakan hal yang paling didambakan banyak lansia, usia harus menjadi semangat untuk terus hidup sehat, dan jangan khawatir, berikut 8 tips untuk Anda menjalani hidup sehat.

Berapapun usia Anda, penting untuk menjaga tubuh Anda dan mencegah penyakit. Tetapi jika Anda berusia 65 tahun atau lebih, sesuatu yang sederhana seperti flu atau flu biasa dapat berkembang dan menyebabkan komplikasi. Ini termasuk infeksi sekunder seperti pneumonia, bronkitis, infeksi telinga, atau infeksi sinus. Jika Anda memiliki kondisi kronis seperti asma atau diabetes, penyakit pernapasan dapat memperburuknya. Karena itu, penting untuk membuat pilihan yang sehat untuk memperkuat sistem kekebalan Anda dan mengurangi kemungkinan penyakit. Ikuti sembilan tips ini untuk tetap sehat sepanjang tahun.

  1. Aktif Bergerak
    Aktivitas fisik adalah penguat sistem kekebalan tubuh. Semakin banyak Anda bergerak, semakin banyak tubuh Anda mampu melawan peradangan dan infeksi. Aktivitas yang Anda ikuti tidak harus berat. Latihan berdampak rendah juga efektif. Anda dapat mempertimbangkan bersepeda, berjalan kaki, berenang, atau aerobik berdampak rendah. Jika Anda bisa, lakukan olahraga intensitas sedang selama sekitar 20 hingga 30 menit sehari untuk mencapai total 150 menit seminggu yang disarankan. Juga, perkuat otot Anda dengan mengangkat beban atau melakukan yoga. Ubah rutinitas olahraga Anda untuk menemukan apa yang terasa terbaik bagi Anda.
  2. Minum suplemen seperlunya
    Beberapa suplemen membantu mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat. Sebelum mengonsumsi suplemen, selalu tanyakan kepada dokter Anda apakah itu aman, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat resep. Beberapa suplemen yang mungkin mereka rekomendasikan termasuk kalsium, vitamin D, vitamin B6, atau vitamin B12. Konsumsi suplemen atau multivitamin sesuai anjuran untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  3. Makan makanan yang sehat
    Beberapa suplemen membantu mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat. Sebelum mengonsumsi suplemen, selalu tanyakan kepada dokter Anda apakah itu aman, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat resep. Beberapa suplemen yang mungkin mereka rekomendasikan termasuk kalsium, vitamin D, vitamin B6, atau vitamin B12. Konsumsi suplemen atau multivitamin sesuai anjuran untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  4. Pelajari cara mengelola stres
    Stres kronis meningkatkan produksi hormon stres kortisol dalam tubuh Anda. Terlalu banyak kortisol dapat mengganggu berbagai fungsi dalam tubuh Anda, termasuk sistem kekebalan Anda. Untuk mengurangi stres, tingkatkan aktivitas fisik, tidur yang cukup, tetapkan harapan yang masuk akal untuk diri sendiri, dan jelajahi aktivitas yang santai dan menyenangkan.
  5. Istirahat yang cukup
    Tidur tidak hanya dapat mengurangi tingkat stres Anda, tetapi tidur adalah cara tubuh Anda memperbaiki dirinya sendiri. Untuk alasan ini, tidur yang cukup dapat menghasilkan sistem kekebalan yang lebih kuat, sehingga lebih mudah bagi tubuh Anda untuk melawan virus. Tidur juga penting seiring bertambahnya usia karena dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Bertujuan untuk setidaknya tujuh setengah hingga sembilan jam tidur per malam.
  6. Lakukan langkah-langkah untuk mencegah infeksi
    Mendapatkan vaksinasi tahunan adalah cara lain untuk tetap sehat sepanjang tahun. Jika Anda berusia 65 tahun ke atas, bicarakan dengan dokter Anda tentang mendapatkan vaksin flu dosis tinggi atau ajuvan.
  7. Hindari kontak dengan orang yang sedang sakit
    Cara lain untuk melindungi diri Anda sepanjang tahun adalah menghindari dekat dengan orang yang sakit. Ini lebih mudah dikatakan daripada dilakukan. Tetapi jika ada wabah flu di daerah Anda, batasi kontak dengan orang yang sedang tidak enak badan dan hindari area ramai sampai kondisinya membaik.
  8. Melakukan Pemeriksaan Kesehatan Secara Rutin
    Tidak dapat dipungkiri bahwa bertambahnya usia meningkatkan risiko berkembangnya berbagai penyakit berbahaya. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan pemeriksaan rutin untuk memantau kondisi kesehatan secara berkala. Jika Anda memiliki penyakit bawaan, disarankan untuk minum obat yang diresepkan secara teratur.

Di zaman ini, banyak teknologi yang dikembangkan untuk mendukung penunjang kesehatan. Lebih mudah bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur. Selain dapat mengunjungi fasilitas kesehatan, Anda juga dapat menggunakan alat sederhana untuk parameter tertentu seperti gula, kolesterol, dan trigliserida dalam darah, alat tersebut bernama POCT (Point Of Care Test) yang praktis dan nyaman digunakan. Ditujukan untuk pemantauan harian agar kondisi tubuh tetap terjaga. Salah satu produk terbaik dari PT Isotekindo Intertama adalah MULTICAREIN Meter.

Perubahan parameter darah seperti glukosa darah tinggi, kolesterol serum tinggi, dan trigliserida serum tinggi dapat menentukan kondisi klinis yang dikenal sebagai sindrom metabolik yang dapat meningkatkan risiko kardiovaskular. Berikut fitur dan keunggulan dari MULTICAREIN Meter:

1. MULTICAREIN Meter dilengkapi dengan test strip ejector, aman digunakan, tidak perlu ditarik test strip
2. Alat ini dapat disesuaikan untuk skrining kadar kolesterol, alat ini dapat digunakan oleh pria & wanita dan dilengkapi dengan faktor koreksi sehingga hasil pengukurannya akurat
3. Parameter 3in1 membuat MULTICAREIN Meter dapat mengukur kadar kolesterol, trigliserida, dan gula darah dalam 1 perangkat
4. Kapasitas memori yang besar memudahkan validasi hasil pengujian sebelumnya dengan memori hingga 500 data

 

Referensi:

  1. Healthline. (2018). The Senior’s Guide to Staying Healthy Year-Round
  2. UMH.org. (2021). 5 Fitness Tips for Seniors with Limited Mobility
  3. Insert Pack MULTICAREIN Meter
Tag
Kolesterol
Gula Darah
Trigliserida
Bagikan
Artikel Terkait