image article
18-October-2022
HUBUNGAN ANTARA GEJALA MENOPAUSE DAN SINDROM METABOLIK PADA WANITA PASCA MENOPAUSE

Gejala yang paling umum selama transisi menopause dan menopause adalah gejala vasomotor (rasa panas dan keringat dingin). Wanita dengan sindrom metabolik (obesitas sentral, resistensi insulin, dan dislipidemia) diketahui memiliki risiko tinggi untuk penyakit kardiovaskular (CVD). Prevalensi sindrom metabolik meningkat dengan menopause dan sebagian dapat menjelaskan percepatan CVD setelah menopause.

Menopause didefinisikan sebagai tidak adanya menstruasi selama 12 bulan berturut-turut. Riwayat menstruasi adalah indikator yang paling dapat diandalkan untuk keadaan pascamenopause, karena pengukuran hormonal tertentu, seperti kadar estradiol (E2 ) dan FSH, keduanya sangat bervariasi pada perimenopause selama siklus menstruasi individu.

Risiko penyakit kardiovaskular (CVD) setelah menopause

Risiko CVD meningkat setelah menopause, yang mungkin terkait dengan perubahan metabolik substansial yang terjadi saat wanita bertransisi dari pramenopause ke pascamenopause. Pada banyak wanita, gambaran sindrom metabolik (adipositas perut, resistensi insulin, dan dislipidemia) muncul dengan defisiensi estrogen.

Sindrom metabolik

Sindrom metabolik diperkirakan mempengaruhi sekitar 20-30% dari populasi paruh baya. Status pascamenopause dikaitkan dengan 60% peningkatan risiko sindrom metabolik, bahkan setelah disesuaikan dengan variabel pengganggu, seperti usia, indeks massa tubuh (BMI), pendapatan rumah tangga, dan aktivitas fisik.

Risiko CVD dikaitkan dengan sindrom metabolik tampaknya sangat tinggi pada wanita, dan diperkirakan setengah dari semua kejadian kardiovaskular pada wanita terkait dengan sindrom metabolik.

Efek menopause pada komposisi tubuh

diperkirakan bahwa wanita paruh baya bertambah sekitar 0,55 kg (∼1 lb)/tahun, tampaknya tidak ada efek independen menopause pada berat badan. Secara prospektif membandingkan wanita yang menjadi pascamenopause dengan kontrol yang sesuai dengan usia yang tetap pramenopause dan menemukan bahwa transisi ke menopause dikaitkan dengan peningkatan rasio pinggang dan pinggul dan total lemak tubuh. Akumulasi lemak visceral dianggap oleh banyak orang sebagai penentu utama sindrom metabolik.

Efek menopause pada metabolisme lipid

Jumlah lemak perut yang tinggi dikaitkan dengan peningkatan resistensi insulin, kadar asam lemak bebas (FFA), dan penurunan adiponektin. Faktor-faktor ini berkontribusi pada peningkatan sekresi partikel yang mengandung apolipoprotein B (apo B), menyebabkan hipertrigliseridemia dan peningkatan aktivitas lipase hati (HL) yang menghasilkan dominasi partikel LDL padat kecil dan pengurangan partikel HDL 2 antiaterogenik yang besar . Pola serupa dari kelainan lipid muncul dengan menopause.

Perubahan TG dengan menopause

Tingkat TG meningkat dengan transisi melalui menopause dan peningkatan TG juga muncul di awal periode pascamenopause. TG meningkat pada usia paruh baya (antara 40-69 tahun) pada wanita, tetapi tidak pada pria. Peningkatan prospektif kadar TG pada wanita yang menjadi pascamenopause selama periode 6 tahun, sedangkan tidak ada perubahan TG pada wanita berusia sama yang tetap baik premenopause atau pascamenopause. Peningkatan TG dengan menopause mungkin terkait dengan fakta bahwa kadar TG sangat berkorelasi dengan peningkatan kandungan lemak perut dan resistensi insulin.

Resistensi insulin berubah dengan menopause

Dua dari komponen patofisiologi yang paling penting dari sindrom metabolik adalah peningkatan akumulasi lemak visceral dan resistensi insulin. Obesitas perut terkait erat dengan peningkatan resistensi insulin, hiperinsulinemia kompensasi, dan peningkatan risiko diabetes tipe 2, terlepas dari kandungan lemak tubuh total individu. Penurunan sensitivitas insulin (yaitu resistensi insulin yang lebih tinggi) pada wanita pascamenopause dibandingkan dengan wanita pramenopause yang sesuai dengan BMI.

Karena menopause dapat menyebabkan beberapa perubahan metabolisme pada tubuh, maka kami menyarankan selain rutin berlolahraga serta makan makanan yang sehat, tinggi serat dan disertai konsumsi vitamin, sebaiknya kita juga rutin melakukan monitoring secara mandiri terhadap fungsi metabolisme kita dengan alat Multisure GCTU Monitoring System dengan tujuan menjaga tubuh tetap sehat walaupun sudah memasuki masa menopause sehingga bisa terus hidup lebih baik.

Untuk pemantauan gula darah, kolesterol, trigliserida dan asam urat PT Isotekindo Intertama memiliki produk khusus yaituMultisure GCTU Monitoring System. Multisure GCTU Monitoring System menawarkan cara cepat dan mudah untuk menguji glukosa, kolesterol, dan trigliserida dalam darah menggunakan strip tes.

Ada fitur dan manfaat dari Multisure GCTU Monitoring System:

Pengukuran parameter darah seperti glukosa darah tinggi, kolesterol tinggi, trigliserida serta asam urat yang tinggi dapat menentukan kondisi klinis yang dikenal sebagai SINDROM METABOLIK yang dapat meningkatkan RISIKO KARDIOVASKULAR.

 

Referensi:

  1. Insert Pack Multisure GCTU Monitoring System
  2. Cengiz H, Kaya C, Suzen Caypinar S, Alay I. The Relationship Between Menopausal Symptoms and Metabolic Syndrome in Postmenopausal Women.
  3. Lee SW, Jo HH, Kim MR, Kwon DJ, You YO, Kim JH. (2012). Association Between Menopausal Symptoms and Metabolic Syndrome in Postmenopausal Women.
Tag
Kolesterol
Gula Darah
Trigliserida
Bagikan
Artikel Terkait