image article
23-April-2022
APRIL ADALAH BULAN PEDULI KANKER MULUT

Setiap harinya terdapat seseorang meninggal karena kanker mulut atau orofaringeal (kanker bagian belakang rongga mulut) dan tenggorokan bagian atas). Namun jika kanker mulut terdeteksi dan diobati sejak dini, masalah kesehatan terkait pengobatan dapat dikurangi, dan tingkat kelangsungan hidup dapat meningkat.

April adalah bulan kesadaran kanker mulut. Deteksi dini kanker mulut sangat meningkatkan kelangsungan hidup jangka Panjang. Oleh karena itu pentingnya skrining kanker mulut rutin (setiap tiga tahun sekali pada orang dewasa di atas usia 20 tahun dan setiap tahun pada orang dewasa di atas 40 tahun) sebaiknya diberikan penakanan. April adalah bulan kesadaran kanker mulut. Deteksi dini kanker mulut sangat meningkatkan kelangsungan hidup jangka Panjang. Oleh karena itu pentingnya skrining kanker mulut rutin (setiap tiga tahun sekali pada orang dewasa di atas usia 20 tahun dan setiap tahun pada orang dewasa di atas 40 tahun) sebaiknya diberikan penakanan.

Pemeriksaan kanker mulut secara teratur yang dilakukan oleh ahli kesehatan mulut tetap menjadi metode terbaik untuk mendeteksi kanker mulut pada tahap awal. Maka dari itu, waspadai gejala dan "Periksakan Mulut Anda" secara rutin. Tanda dan gejala kanker mulut yang sebagian besar disebabkan oleh penggunaan tembakau dan/atau penggunaan alkohol yang berlebihan dapat mencakup satu atau lebih hal berikut:

  • Setiap luka atau ulserasi yang tidak sembuh dalam 14 hari
  • Perubahan warna merah, putih, atau hitam pada jaringan lunak mulut
  • Kelainan apa pun yang mudah berdarah saat disentuh (friable)
  • Benjolan atau titik keras di jaringan, biasanya batas lidah (indurasi)
  • Jaringan terangkat di atas apa yang mengelilinginya; tumbuh (eksofitik)
  • Luka di bawah gigi palsu, yang bahkan setelah penyesuaian gigi palsu, tidak sembuh-sembuh
  • Benjolan atau penebalan yang berkembang di mulut
  • Benjolan yang tidak nyeri, keras, dan terfiksasi terasa di bagian luar leher, yang telah ada setidaknya selama dua minggu
  • Semua gejala di atas memiliki kesamaan yang gigih dan tidak menyelesaikan

Untuk pengobatan berbagai gejala di atas khususnya sariawan atau sariawan, di era sekarang ini obat-obatan yang berhubungan dengan sariawan telah mengalami beberapa evolusi terkait dengan jenisnya, salah satunya adalah  penggunaan plester dengan daya rekat yang jauh lebih baik dan bahan yang nyaman digunakan, sehingga dapat menempel lebih lama dan memberikan perlindungan yang optimal untuk menutupi sariawan dan menyembuhkan secara efektif dan alami. Produk yang diperkenalkan adalah plester Curatick™ Oral Wound Dressing dengan diameter 12 mm, dikemas secara individual dan setiap kotak berisi 10 buah plester. Curatick™ Oral Wound Dressing merupakan plester yang nyaman digunakan karena prinsip kerjanya membentuk gel saat diaplikasikan dan bersentuhan dengan luka serta memiliki sensasi mint ringan yang menyegarkan mulut dan mengurangi halitosis (bau mulut) yang terjadi akibat sariawan, kandungan sukrosa pada plester Curatick juga menambah sensasi encer dan aman bagi penderita diabetes, sehingga produk ini nyaman digunakan. Karena produk ini tidak mengandung bahan obat, maka dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna.

Untuk saat ini, Anda bisa mendapatkan plester Curatick™ Oral Wound Dressing di marketplace kami:

  1. Shopee: https://shopee.co.id/isotekindo98
  2. Tokopedia: https://www.tokopedia.com/isotekindo
  3. Website: https://www.isotekindo.co.id

 

Referensi:

  1. American Cancer Society. (2022).  About Oral Cavity And Oropharyngeal Cancer
  2. The University of Illinois Chicago. (2022). April is Oral Cancer Awareness Month
  3. The Oral Cancer Foundation. (2022). April Is Oral Cancer Awareness Month
Tag
Perawatan Luka Mulut
Bagikan
Artikel Terkait