image article
30-June-2022
KETAHUI 3 LANGKAH UNTUK DIAGNOSIS DINI KANKER

Diagnosis dini kanker berfokus pada mendeteksi pasien yang bergejala sedini mungkin sehingga mereka memiliki peluang terbaik untuk pengobatan yang berhasil. Ketika perawatan kanker tertunda atau tidak dapat diakses, ada kemungkinan lebih rendah untuk bertahan hidup, masalah yang lebih besar terkait dengan pengobatan, dan biaya perawatan yang lebih tinggi. Diagnosis dini meningkatkan hasil kanker dengan memberikan perawatan pada tahap sedini mungkin dan, oleh karena itu, merupakan strategi kesehatan masyarakat yang penting di semua rangkaian.

Ada dua strategi berbeda yang mendorong deteksi dini, dan perencana kesehatan harus memahami perbedaannya, relevansinya dengan jenis kanker tertentu, persyaratan sistem, dan dampaknya untuk mengembangkan program yang paling efektif. Diagnosis dini mengidentifikasi kasus kanker bergejala pada tahap sedini mungkin dibandingkan dengan skrining yang mencari gejala kanker atau lesi pra-kanker pada populasi target tanpa gejala.


Fokus diagnosis dini kanker adalah pada orang yang memiliki gejala dan tanda yang konsisten dengan kanker. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi penyakit pada kesempatan sedini mungkin dan menghubungkannya dengan diagnosis dan pengobatan tanpa penundaan. Ketika dilakukan segera, kanker dapat dideteksi pada tahap yang berpotensi dapat disembuhkan, meningkatkan kelangsungan hidup dan kualitas hidup.

Ada tiga langkah untuk diagnosis dini:
• Langkah 1: kesadaran akan gejala kanker dan mengakses perawatan
Memberdayakan dan melibatkan orang dan komunitas
Memberdayakan dan melibatkan orang dan komunitas memungkinkan presentasi klinis tepat waktu dengan meningkatkan literasi kesehatan, mengurangi stigma dan memfasilitasi akses ke perawatan. Tujuan penting dari keterlibatan dengan masyarakat adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran akan kanker, untuk mendengarkan apa yang mereka laporkan sebagai hambatan utama mereka untuk mencari diagnosis dini untuk gejala kanker dan menggunakan pengetahuan mereka untuk mengembangkan solusi.


Meningkatkan literasi kesehatan dan mengurangi stigma kanker
Pesan-pesan utama termasuk kesadaran akan gejala “alarm” atau “bendera merah” yang mungkin mewakili kanker, bagaimana mencari evaluasi untuk gejala-gejala ini, dan kesadaran bahwa evaluasi dan pengobatan yang tepat waktu dapat meningkatkan kemungkinan kesembuhan.

 
  • Langkah 2: evaluasi klinis, diagnosis, dan stadium

Tingkatkan kapasitas penyedia di titik kontak pertama

Tingkat perawatan primer memiliki peran penting dalam pengendalian kanker yang meliputi pendidikan dan literasi kesehatan dalam pencegahan kanker, identifikasi dini kanker, tes diagnostik, konseling dan perawatan setelah diagnosis, dan perawatan lanjutan setelah pengobatan.

Memperkuat layanan diagnostik dan patologi

Tes diagnostik kanker dasar seperti USG, X-ray, sitologi, dan kemampuan biopsi harus tersedia di tingkat perawatan sekunder, dan juga tersedia di tingkat perawatan primer di mana sumber daya memungkinkan, untuk berhasil menerapkan program diagnosis dini kanker.

Produk unggulan dari PT ISOTEKINDO INTERTAMA terkait alat Liquid based cytology (LBC),  CY-PREP ™ CY-100 Processor yang dilengkapi beberapa komponen untuk melakukan skrining diantaranya:

  1. Pengambilan Sampel menggunakan CY-PREP ™ Pap Test CERVIX-BRUM ®

Keuntungan:

    • Alat sampling steril, dikemas khusus sehingga aman bagi pasien dan dirancang untuk mengambil sampel sel endoserviks dan ektoserviks sekaligus.
    • Dirancang untuk mempermudah pengambilan sampel dan mengurangi ketidaknyamanan saat pengambilan sampel
  1. Media cair untuk menampung, transportasi dan mengawetkan sampel uji menggunakan CY-PREP ™ Pap Test Preservation Solution

Keuntungan:

    • Melindungi sampel, tahan selama 3 minggu pada suhu ruang (15-30 °C). Sampel aman dari kekeringan & kerusakan
    • Meminimalkan resiko sampel yang penting tertinggal di alat pengambilan sampel
    • Menampung semua sampel serviks sehingga semua sel-sel sampel dapat diperiksa
    • Menyediakan cukup sampel pemeriksaan sehingga pasien tidak perlu lagi melakukan pengambilan sampel ulang untuk tes lanjutan.
  1. Menisahkan material target pemeriksaan dari lender dan kotoran menggunakan dual filter.

Keuntungan:

    • Membuat preparate selapis tipis
    • Sel – sel menjadi lebih jelas saat diperiksa karena proses pewarnaan sel menjadi lebih sempurna dan melekat lebih baik
  1. Kaca slide untuk penempelan sampel menggunakan IHC link glass slide

Keuntungan:

    • Terdapat area untuk penulisan ID Pasien, sehingga menjamin ketepatan data pasien
    • Kualitas baca lebih baik karena IHC link glass slide bermuatan positif sehingga penempelan sel-sel lebih baik
  • Langkah 3: akses ke pengobatan, termasuk penghilang rasa sakit

Diagnosis dini meningkatkan hasil kanker dengan memberikan kemungkinan terbesar keberhasilan pengobatan, dengan biaya lebih rendah dan dengan intervensi yang tidak terlalu rumit. Prinsip-prinsip untuk mencapai diagnosis dini relevan di semua tingkat sumber daya dan mencakup peningkatan kesadaran kanker dan partisipasi kesehatan; mempromosikan evaluasi klinis yang akurat, diagnosis patologis, dan staging; dan meningkatkan akses ke perawatan. Investasi terprogram ini sangat penting di mana disparitas adalah yang paling mendalam dan untuk menyediakan akses ke perawatan kanker untuk semua. Kematian akibat kanker adalah tragedi bagi keluarga dan komunitas dengan dampak yang sangat besar. Dengan mengembangkan strategi yang efektif untuk mengidentifikasi kanker sejak dini, nyawa dapat diselamatkan dan biaya pribadi, sosial dan ekonomi dari perawatan kanker berkurang.

 

Referensi:

  1. WHO (2017). Guide to Cancer Early Diagnosis
  2. Insert Pack CY-Prep 100 Processor
  3. World Health Organization (2008). Cancer control: policy and advocacy. WHO Guide for effective programs

 

Tag
Sitologi Berbasis Cairan
Bagikan
Artikel Terkait