image article
08-May-2022
APA YANG PERLU DIKETAHUI TENTANG ANEMIA?

Anemia merupakan masalah kesehatan masyarakat global yang serius yang terutama mempengaruhi anak-anak dan wanita hamil. WHO memperkirakan bahwa 42% anak-anak di bawah usia 5 tahun dan 40% ibu hamil di seluruh dunia mengalami anemia.

Anemia adalah suatu kondisi di mana jumlah sel darah merah atau konsentrasi hemoglobin di dalamnya lebih rendah dari biasanya. Hemoglobin diperlukan untuk membawa oksigen dan jika sel darah merah terlalu sedikit atau abnormal atau tidak cukup hemoglobin, maka akan terjadi penurunan kapasitas darah untuk membawa oksigen ke jaringan tubuh. Hal ini menyebabkan gejala seperti kelelahan, kelemahan, pusing, dan sesak napas, antara lain. Konsentrasi hemoglobin optimal yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan fisiologis bervariasi menurut usia, jenis kelamin, ketinggian tempat tinggal, kebiasaan merokok, dan status kehamilan. Penyebab paling umum dari anemia termasuk kekurangan gizi, terutama kekurangan zat besi, meskipun kekurangan folat, vitamin B12 dan A juga merupakan penyebab penting; hemoglobinopati; dan penyakit menular, seperti malaria, TBC, HIV, dan infeksi parasit. Sepertiga wanita anemia, diperkirakan sepertiga wanita usia subur mengalami anemia. di bawah ini berisi data terkait Prevalensi anemia pada wanita usia subur (usia 15-49) (%)

 

Penyebab dan jenisnya
Tiga penyebab utama anemia adalah:

  1. Kehilangan darah
    Anemia defisiensi besi adalah jenis anemia yang paling umum, dan kehilangan darah sering menjadi penyebabnya. Kekurangan zat besi dalam darah menyebabkan bentuk kondisi ini, dan kadar zat besi yang rendah sering terjadi sebagai akibat dari kehilangan darah.
  2. Penurunan atau gangguan sel darah merah
    Jenis anemia lain yang terjadi karena penurunan atau gangguan sel darah merah meliputi:
    1. Anemia sel sabit. Hal ini menyebabkan sel darah merah berbentuk seperti bulan sabit. Mereka mungkin rusak lebih cepat daripada sel darah merah yang sehat atau tersangkut di pembuluh darah kecil.   Penyumbatan ini dapat mengurangi kadar oksigen dan menyebabkan rasa sakit lebih jauh di dalam aliran darah.
    2. Anemia defisiensi besi. Ini melibatkan tubuh memproduksi sel darah merah terlalu sedikit karena kekurangan zat besi dalam tubuh. Anemia defisiensi besi dapat berkembang sebagai akibat dari:
      • diet rendah zat besi
      • Menstruasi
      • Latihan ketahanan
      • Kondisi pencernaan tertentu, seperti penyakit Crohn
      • dsb

Perawatan
Ada berbagai perawatan sumber terpercaya untuk anemia. Masing-masing bertujuan untuk meningkatkan jumlah sel darah merah, yang, pada gilirannya, meningkatkan jumlah oksigen dalam darah. Di bawah ini, kami menguraikan perawatan untuk beberapa jenis anemia:
1. Anemia karena kekurangan zat besi: Suplemen zat besi dan perubahan pola makan dapat membantu, dan jika relevan, dokter akan mengidentifikasi dan mengatasi penyebab pendarahan yang berlebihan.
2. Anemia defisiensi vitamin: Perawatan dapat mencakup suplemen makanan dan suntikan vitamin B-12.
3. Talasemia: Perawatan Sumber terpercaya termasuk suplemen asam folat, kelasi besi, dan, bagi sebagian orang, transfusi darah dan transplantasi sumsum tulang.
4. Anemia karena penyakit kronis: Dokter akan fokus pada penyelesaian kondisi yang mendasarinya.
5. Anemia aplastik: Perawatan melibatkan transfusi darah atau transplantasi sumsum tulang.
6. Anemia sel sabit: Pengobatan biasanya melibatkan terapi oksigen, obat pereda nyeri, dan cairan intravena, tetapi juga dapat mencakup antibiotik, suplemen asam folat, transfusi darah, dan obat kanker yang disebut hidroksiurea.
7. Anemia hemolitik: Rencana perawatan mungkin termasuk obat imunosupresan, perawatan untuk infeksi, dan plasmapheresis, yang menyaring darah.

Diagnosis
Ada berbagai cara untuk mendiagnosis anemia, tetapi cara yang paling umum melibatkan tes darah yang disebut complete blood count (CBC). Ini mengukur sejumlah komponen, termasuk:

• Tingkat hematokrit, yang melibatkan perbandingan volume sel darah merah dengan volume total darah
• Kadar hemoglobin
• jumlah sel darah merah

Untuk pengukuran hemoglobin dan hematokrit saat ini telah tersedia alat POCT (Point Of Care Test) yang dapat digunakan secara praktis. PT Isotekindo Intertama menyediakan POCT (Point Of Care Test) untuk pemeriksaan kadar Hemoglobin dalam darah yang praktis dan nyaman digunakan karena hanya membutuhkan sampel kecil (1µL). Ini adalah teknologi biosensor pertama untuk skrining hemoglobin Di- Indonesia, menggunakan HemoSmart GOLD Hemoglobin Screening Meter.
Fitur dan manfaat lainnya adalah:
1. HemoSmart GOLD Hemoglobin Screening Meter hanya membutuhkan 1μL darah.
2. Rentang pengukuran yang lebar, 4.0-24.0 g/dL akan membuat HemoSmart GOLD Hemoglobin Screening Meter sangat mudah untuk memonitor hemoglobin baik dalam kondisi rendah maupun tinggi.
3. HemoSmart GOLD Hemoglobin Screening Meter hanya membutuhkan waktu 5 detik dapat membaca hemoglobin dalam darah dalam waktu yang sangat singkat sehingga lebih efisien.
4. Dengan ukuran sampel yang sangat kecil dan menggunakan sel darah utuh, HemoSmart GOLD Hemoglobin Screening Meter dapat menunjukkan profil hemoglobin yang akurat dalam darah.


Dengan HemoSmart GOLD Hemoglobin Screening Meter, mari membuat skrining hemoglobin lebih efisien.

 

Referensi:

  1. Insert Pack HemoSmart GOLD Hemoglobin Screening Meter
  2. Miller, J. L. (2013). Iron deficiency anemia: A common and curable disease
  3. WHO. (2022). Anemia
  4. WHO. (2022). Prevalence of anemia in women of reproductive age (aged 15-49)
Tag
Hemoglobin & Hematrokrit (Hb & Ht)
Bagikan
Artikel Terkait