image article
08-March-2022
PEMERIKSAAN KADAR HEMOGLOBIN MENGGUNAKAN POCT (POINT OF CARE TEST)

Tes hemoglobin bertujuan untuk mengukur kadar hemoglobin dalam darah. Hemoglobin adalah protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Jika kadar hemoglobin tidak normal, itu mungkin merupakan tanda bahwa Anda memiliki kelainan darah. Selengkapnya, mari baca artikel berikut

Apa itu tes hemoglobin?

Tes hemoglobin mengukur kadar hemoglobin dalam darah. Hemoglobin adalah protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Jika kadar hemoglobin tidak normal, itu mungkin merupakan tanda bahwa Anda memiliki kelainan darah.

Apa tujuan dilakukan tes hemoglobin?

Tes hemoglobin sering digunakan untuk memeriksa anemia, suatu kondisi di mana tubuh memiliki lebih sedikit sel darah merah dari biasanya. Jika menderita anemia, sel-sel Anda tidak mendapatkan semua oksigen yang mereka butuhkan. Tes hemoglobin juga sering dilakukan dengan tes lain, seperti:

  1. Hematokrit, yang mengukur persentase sel darah merah dalam darah 
  2. Hitung darah lengkap, yang mengukur jumlah dan jenis sel dalam darah 

Anda mungkin menjalani tes hemoglobin karena beberapa alasan:

  1. Untuk memeriksa kesehatan secara keseluruhan. Dokter mungkin menguji hemoglobin sebagai bagian dari hitung darah lengkap selama pemeriksaan medis rutin untuk memantau kesehatan umum dan untuk menyaring berbagai gangguan, seperti anemia.
  2. Untuk mendiagnosis suatu kondisi medis. Dokter mungkin menyarankan tes hemoglobin jika mengalami lemas, kelelahan, sesak napas, atau pusing. Tanda dan gejala ini mungkin menunjukkan anemia atau polisitemia vera. Tes hemoglobin dapat membantu mendiagnosis kondisi ini atau kondisi medis lainnya.
  3. Untuk memantau kondisi medis. Jika Anda telah didiagnosis dengan anemia atau polisitemia vera, dokter mungkin menggunakan tes hemoglobin untuk memantau kondisi dan memandu pengobatan.

Apabila kadar hemoglobin berada diluar batas normal, apa artinya?

Ada banyak alasan mengapa kadar hemoglobin Anda mungkin berada di luar kisaran normal.

Kisaran sehat untuk hemoglobin adalah:

  • Untuk pria, 13,2 hingga 16,6 gram per desiliter
  • Untuk wanita, 11,6 hingga 15 gram per desiliter

Kadar hemoglobin yang rendah mungkin merupakan tanda dari:

  • Berbagai jenis anemia
  • Thalasemia
  • Kekurangan zat besi
  • Penyakit hati
  • Kanker dan penyakit lainnya

Kadar hemoglobin yang tinggi mungkin merupakan tanda dari:

  • Penyakit paru-paru
  • Penyakit jantung
  • Polisitemia vera, kelainan di mana tubuh membuat terlalu banyak sel darah merah. Ini dapat menyebabkan sakit kepala, kelelahan, dan sesak napas

Mengukur Hemoglobin Di Luar Laboratorium

Pengukuran kadar hemoglobin sebagai bagian dari monitoring dapat juga menggunakan alat POCT (Point of Care Test) yang salah satunya menggunakan HemoSmart GOLD Hemoglobin Screening Meter


  1. HemoSmart GOLD Hemoglobin Screening Meter menawarkan cara cepat dan mudah untuk mengukur kadar hemoglobin dan merupakan sistem pengujian hemoglobin seukuran telapak tangan berbasis biosensor pertama di dunia
  2. HemoSmart GOLD Hemoglobin Screening Meter hanya membutuhkan 1μL darah
  3. Rentang pengukurannya lebar, 4,0-24,0 g/dL. Rentang pengukuran yang luas akan membuat HemoSmart GOLD Hemoglobin Screening Meter sangat memudahkan pemantauan hemoglobin baik dalam kondisi rendah maupun tinggi
  4. Mengukur hanya dengan 5 detik, HemoSmart GOLD Hemoglobin Screening Meter dapat melakukan pembacaan hemoglobin dalam darah dalam waktu yang sangat singkat sehingga penentuan tindakan selanjutnya dapat ditentukan secara efisien waktu.
  5. Volume sampel 1µL darah utuh
    Dengan jumlah sampel yang sangat sedikit dan menggunakan sel darah utuh (whole blood), HemoSmart GOLD Hemoglobin Screening Meter dapat menunjukkan profil hemoglobin dalam darah secara akurat, sehingga meminimalkan risiko rasa sakit yang berlebihan dalam pengambilan sampel tes darah.

Dengan adanya informasi fitur dan kelebihan diatas diharapkan dapat mempermudah kita dalam menentukan alat ukur kadar hemoglobin dalam darah dengan HemoSmart GOLD Hemoglobin Screening Meter.

 

Referensi:

  1. Aruch D, Mascarenhas J. Contemporary approach to essential thrombocythemia and polycythemia vera. Current Opinion in Hematology [Internet]. 2016 Mar [cited 2017 Feb 1]; 23(2):150–60. 
  2. CBC with differential, blood. Mayo Medical Laboratories. Rochester, Minn.: Mayo Foundation for Medical Education and Research. 
  3. National Heart, Lung, and Blood Institute [Internet]. Bethesda (MD): U.S. Department of Health and Human Services; Types of Blood Tests; [updated 2012 Jan 6; cited 2017 Feb 1]; [about 4 screens]. 
  4. National Heart, Lung, and Blood Institute [Internet]. Bethesda (MD): U.S. Department of Health and Human Services; What Do Blood Tests Show?
Tag
Hemoglobin & Hematrokrit (Hb & Ht)
Bagikan
Artikel Terkait