image article
14-December-2022
TES HbA1c UNTUK DIABETES

Tes HbA1c, juga dikenal sebagai tes hemoglobin A1c atau hemoglobin terglikasi, adalah tes darah penting yang memberikan indikasi yang baik tentang seberapa baik diabetes Anda dikendalikan. Bersama dengan tes glukosa plasma puasa, tes HbA1c adalah salah satu cara utama untuk mendiagnosis diabetes tipe 2.  Tes HbA1c bukan tes diagnostik utama untuk diabetes tipe 1 tetapi terkadang dapat digunakan bersamaan dengan tes lainnya. 

Apa itu HbA1c?

Istilah HbA1c mengacu pada hemoglobin terglikasi. Terjadi ketika hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh Anda, bergabung dengan glukosa dalam darah, menjadi 'terglikasi'. Dengan mengukur hemoglobin terglikasi (HbA1c), dokter dapat memperoleh gambaran keseluruhan tentang rata-rata kadar gula darah kita selama beberapa minggu / bulan. 

Bagi penderita diabetes, ini penting karena semakin tinggi HbA1c, semakin besar risiko komplikasi terkait diabetes. HbA1c juga disebut sebagai hemoglobin A1c atau hanya A1c.

Pengujian HbA1c dalam mendiagnosis diabetes

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan pedoman diagnostik berikut untuk diabetes:

Bagaimana cara kerja tes HBA1c?

HbA1c (hemoglobin terglikasi, hemoglobin A1c) terjadi ketika hemoglobin, protein pembawa oksigen dalam sel darah merah , terikat dengan glukosa dalam aliran darah. Ikatan dengan glukosa disebut glikasi. Semakin tinggi kadar glukosa darah seseorang, semakin tinggi jumlah sel darah merah yang akan menjadi terglikasi, dan karenanya semakin tinggi kadar HbA1c yang mereka miliki.

Perhatikan bahwa sel darah merah ada di dalam tubuh selama sekitar 3 bulan, oleh karena itu kadar HbA1c umumnya mencerminkan kadar glukosa darah seseorang selama 8-12 minggu sebelumnya.

Keterbatasan tes HbA1c

Sementara tes HbA1c biasanya dapat diandalkan, ada beberapa keterbatasan akurasi tes. Misalnya, orang dengan bentuk anemia mungkin tidak memiliki hemoglobin yang cukup agar tes menjadi akurat dan mungkin perlu menjalani tes fruktosamin.

Hamil atau memiliki bentuk hemoglobin yang tidak biasa (dikenal sebagai varian hemoglobin) juga dapat mengembalikan HbA1c yang tidak akurat, sementara pembacaan juga dapat dipengaruhi oleh masalah jangka pendek seperti penyakit karena dapat menyebabkan peningkatan glukosa darah sementara. Karena cara tes HbA1c mengukur gula darah, jika Anda memiliki kadar gula darah yang lebih tinggi dalam minggu-minggu menjelang tes HbA1c Anda, ini akan berdampak lebih besar pada hasil tes Anda daripada kadar glukosa Anda 2 sampai 3 bulan sebelum tes.

Kendalikan level HbA1c Anda

Diet sehat dan olahraga teratur dapat membantu Anda menurunkan kadar HbA1c Anda. Setelah didiagnosis menderita diabetes tipe 2, Simon merasa tidak diberi cukup saran untuk merawat kondisinya dan ingin mencari tahu sendiri bagaimana cara menurunkan berat badan.

Jangan lupa untuk rutin melakukan pemeriksaan HbA1c di fasilitas kesehatan seperti Laboratorium Klinik, Rumah Sakit serta Puskesmas/ Faskes yang menunjang pemeriksaan HbA1c. Alat untuk pemeriksaan HbA1c unggulan kami, salah satunya menggunakan Sinocare PCH-100 HbA1c Analyzer. Sinocare PCH-100 HbA1c Analyzer menawarkan cara cepat dan mudah untuk mengukur HbA1c di klinik atau fasilitas perawatan jangka panjang yang mengutamakan kecepatan dan kenyamanan. HbA1c dapat diukur hanya dalam 3 langkah sederhana dan hasilnya disertifikasi oleh National Glycohemoglobin Standardization Protocol (NGSP) untuk memastikan akurasi. PT Isotekindo Intertama merupakan distributor produk Sinocare PCH-100 HbA1c Analyzer yang resmi dan terdaftar di Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Terdapat beberapa fitur dan manfaat Sinocare PCH-100 HbA1c Analyzer:

  1. Sampel dari kapiler dan vena (disimpan dalam tabung EDTA, Heparin & NaF maksimal 1 minggu pada suhu 8-12°C). Menggunakan Sinocare PCH-100 HbA1c Analyzer memudahkan pengambilan sampel, terutama jika tidak akan segera digunakan
  2. Sinocare PCH-100 HbA1c Analyzer sampel darah yang dibutuhkan kecil (5 μL), nyaman untuk digunakan
  3. Waktu pengukuran cepat (<3,5 detik), Sinocare PCH-100 HbA1c Analyzer hanya membutuhkan waktu <3,5 detik untuk menguji HbA1c

Pada era JKN-BPJS, kebutuhan akan produk dan hasil yang berkualitas dengan harga terjangkau menjadi faktor penting dalam pelayanan kesehatan. Sehingga Sinocare PCH-100 HbA1c Analyzer dengan metode pengecekan HbA1c menggunakan Boric Acid Affinity Chromatography akan mampu menjawab kebutuhan tersebut. Jaminan servis penggunaan alat Sinocare PCH-100 HbA1c Analyzer juga resmi dilakukan oleh PT. Isotekindo Intertama dan menunjuk perusahaan rekanan resmi di seluruh Indonesia.

 

Referensi:

  1. American Diabetes Association. (2019) Classification and diagnosis of diabetes: standards of medical care in diabetes.
  2. Insert Pack of Sinocare PCH-100 HbA1c Analyzer.
  3. MANAGING BLOOD GLUCOSE (2022). Guide to HbA1c.
Tag
HbA1c
Bagikan
Artikel Terkait