image article
23-January-2024
TABIR RAHASIA DISINFEKTAN: MENJAGA KESEHATAN ATAU MEMBAHAYAKAN?

Infeksi yang terkait dengan pelayanan kesehatan (HAIs) merupakan ancaman signifikan bagi pasien, tenaga kesehatan, dan pengunjung. Penggunaan disinfektan yang aman memainkan peran sentral dalam mencegah infeksi di fasilitas kesehatan.

 

Fasilitas kesehatan adalah tempat rawan penularan infeksi karena interaksi antara pasien, tenaga medis, dan pengunjung. Infeksi yang terkait dengan pelayanan kesehatan (HAIs) merupakan ancaman signifikan bagi pasien, tenaga kesehatan, dan pengunjung.

Walau perkembangan dunia kesehatan terus berubah, pencegahan infeksi tetap menjadi aspek kritis dalam mencegah penyebaran penyakit. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), tindakan pencegahan infeksi yang efektif sangat penting untuk mengurangi beban HAIs. Produk disinfektan & proses disinfeksi yang tepat adalah landasan dalam upaya ini, memastikan bahwa permukaan, peralatan medis, dan lingkungan bebas dari patogen berbahaya.

Disinfektan memainkan peran penting dalam membunuh dan menghentikan perkembangan mikroorganisme patogen, yang dapat mencegah wabah penyakit di lingkungan fasilitas kesehatan. Sebagai peran penting, disinfektan nyatanya mengandung berbagai jenis zat aktif yang dari segi keamanan, dapat menimbulkan risiko bagi:

  1. Operator, pasien dan tenaga kesehatan (masalah pernapasan, iritasi kulit, menimbulkan ruam dan efek samping lainnya).
  2. Peralatan kesehatan & instrumen (korosif, berkarat, meninggalkan bekas/noda)
  3. Lingkungan (merusak kehidupan akuatik, tidak biodegradable)

Memilih disinfektan yang tepat, sangat penting untuk menjaga lingkungan di fasilitas kesehatan. Disinfektan yang direkomendasikan adalah disinfektan yang telah terbukti efektif melawan berbagai patogen, namun disaat yang bersamaan juga aman. Sehingga fasilitas kesehatan dapat menjaga tingkat kebersihan yang tinggi tanpa mengorbankan keamanan. Kemudian, disinfektan yang ramah lingkungan juga berkontribusi pada komitmen yang lebih luas terhadap tanggung jawab lingkungan. Karena disinfektan yang aman, sebaiknya tidak hanya untuk manusia tetapi juga tidak merugikan bagi lingkungan.

 

UMONIUM38: Disinfektan yang Aman

Disinfektan yang aman harus memenuhi standar tertentu: UMONIUM38 terbukti memenuhi standar EN (Europe Norm) untuk segi efektivitasnya dalam menghilangkan berbagai jenis mikroorganisme patogen.

Pemilihan produk dengan bahan aktif yang efektif tanpa efek samping yang merugikan bagi kesehatan manusia adalah prioritas utama. Dengan bahan aktif Isopropyl Tridecyl Dimethyl Ammonium, menjadikan UMONIUM38 sebagai disinfektan yang berspektrum luas tanpa menimbulkan efek samping yang merugikan.

pH disinfektan yang netral (pH 7), memberikan keamanan bagi peralatan kesehatan, menjaga dari bahaya korosif & karat serta polikompatibel dengan berbagai material peralatan kesehatan.

Tidak membentuk gas/uap beracun serta tidak mengiritasi kulit dan tidak menimbulkan ruam sehingga memberikan keamanan bagi operator.

Beraroma harum minyak esensial, tidak mengganggu kenyamanan operator, pasien serta pengunjung di fasilitas kesehatan.

Eco-friendly & biodegradable, bisa langsung dibuat ke bak cuci tanpa penanganan khusus.

Gambar 1. Semua Varian UMONIUM38

 

Dengan 4 varian yang tersedia – UMONIUM38 Instruments, UMONIUM38 Neutralis, UMONIUM38 Sterily & UMONIUM38 Medical Spray – anda dapat memilih varian manapun yang sesuai dengan kebutuhan. Semua varian terbukti efektif & aman.

UMONIUM38 efektif dalam memberikan perlawanan terhadap berbagai jenis mikroorganisme patogen, tanpa mengorbankan keamanan operator, pasien & peralatan kesehatan.

 

 

 

Referensi:

  1. Centers for Disease Control and Prevention. (2022). Cleaning and Disinfecting Your Facility.
  2. Healthline. (2022). How to Choose Safe Cleaning Products.
  3. National Institute of Environmental Health Sciences. (2022). Disinfectants and Sanitizers.
  4. Mayo Clinic. (2022). Infection Control: Safe Disinfectant Use.

 

Tag
Disinfektan
Bagikan
Artikel Terkait