image article
08-April-2022
MINGGU KESADARAN KUALITAS UDARA: PENTINGNYA MENJAGA KUALITAS UDARA DI DALAM RUMAH

Setiap tahun, satu minggu di bulan April diperingati sebagai MINGGU KESADARAN KUALITAS UDARA. Tidak hanya di luar rumah, udara yang buruk di dalam rumah juga dapat menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan. Memahami dan mengontrol kualitas udara di dalam ruangan dapat membantu mengurangi risiko masalah kesehatan dalam ruangan. Efek kesehatan dari polutan udara dalam ruangan dapat dialami segera setelah terpapar atau bertahun-tahun kemudian. Sehingga diperlukan sebuah teknologi untuk menciptakan udara yang sehat di dalam ruangan. 

Salah satu minggu di bulan April diperingati sebagai “Minggu Kesadaran Kualitas Udara”. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan dampak pencemaran dan upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas udara.

Tak hanya di luar rumah, udara yang buruk di dalam rumah juga dapat menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan. Biasanya masalah kualitas udara dalam ruangan hanya menimbulkan ketidaknyamanan. Kebanyakan orang merasa lebih baik segera setelah mereka menghilangkan sumber polusi. Namun, kualitas udara dalam ruangan yang buruk juga telah dikaitkan dengan penyakit paru-paru seperti asma, COPD, dan kanker paru-paru. Ini juga telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke.

Kualitas udara yang buruk di dalam rumah dapat disebabkan oleh polusi dari luar rumah atau berasal dari benda-benda di dalam rumah yang tidak kita sadari menjadi tempat berkembangnya kuman penyakit. Terutama pada ruang tertutup tanpa ventilasi di rumah, tempat ini tentu saja akan menjadi tempat dimana debu, bakteri, jamur dan virus akan terus berada di dalam ruangan dan berkembang biak sehingga mencemari udara dan menurunkan kualitasnya.

Hal ini akan berbahaya bagi kesehatan anggota keluarga di rumah, terutama anak dan bayi yang sebagian besar waktunya berada di dalam rumah. Menurut statistik juga kebanyakan masyarakat (khususnya di perkotaan) menghabiskan kira-kira 90% waktu aktivitasnya dalam ruang tertutup yakni untuk bekerja, belajar, istirahat, dll. Pada kondisi seperti inilah, dibutuhkan sebuah teknologi untuk menciptakan udara yang sehat di dalam ruangan.

OXIRA merupakan alat yang berfungsi untuk membersihkan udara dalam ruangan. OXIRA  akan menghisap udara yang ada di ruangan dan kemudian udara yang terdapat mikroorganisme tersebut akan dilewatkan ke sinar UV sehingga sinar UV akan merusak DNA/RNA virus, bakteri dan jamur infeksius, kemudian membatasi kemampuannya untuk tumbuh dan berkembang biak.

Yang membedakan produk OXIRA dengan produk-produk lain di pasaran adalah, OXIRA memiliki lampu UVGI. Menurut jurnal Inactivation of Virus-Containing Aerosols by Ultraviolet Germicidal Irradiation, UVGI (Ultraviolet Germicidal Irradiation) secara ilmiah terbukti efektif & efisien untuk inaktivasi virus di udara. Mikroorganisme di udara lebih rentan mengalami kerusakan akibat paparan sinar UV. 

Fitur lampu UV yang tergolong kategori “highest purity quartz” produksi dari Heraues GmbH Jerman yang merupakan produsen lampu ultraviolet global terbesar, memberikan manfaat berupa pancaran sinar UV dengan panjang gelombang 254 nm dan 185nm, yang berfungsi maksimal membersihkan udara dalam ruang tertutup agar terbebas mikroorganisme infeksius & memproduksi ozon secara konstan dan bertahan sesuai evaluasi manufaktur yakni selama 15.000 jam (setara dengan 20 bulan dengan pemakaian 24 jam/hari).

Kemudian suction & blowing fan (kipas) berkualitas eksport yang dikombinasikan dengan lampu ultraviolet telah sesuai dengan dasar teori exposure time dan berdaya tahan tinggi, dengan suara senyap. OXIRA didesain untuk meniru alam, beroperasi dengan tenang, efisien, dan tanpa menggunakan bahan kimia dan OXIRA juga direkomendasikan untuk digunakan di dalam ruangan

Rumah yang memiliki kualitas udara baik dapat mendukung kesehatan Anda dan keluarga. Oleh karena itu, penting untuk selalu menjaga kualitas udara di dalam rumah.

 

Referensi: 

  1. Asthma Lung UK. (2021). What is indoor air pollution?
  2. National Library of Medicine. Indoor Air Pollution.
  3. United States Environmental Protection Agency. Protect Indoor Air Quality in Your Home. Indoor Pollutants and Sources.
Tag
Germisidal dan Ozonizer
Bagikan
Artikel Terkait