image article
24-October-2022
GANGGUAN GINJAL AKUT MISTERIUS PADA ANAK

Ginjal melakukan banyak hal, tetapi tugas terpentingnya adalah mengeluarkan limbah dari darah dan membuat urin (kencing). Saluran kemih mengeluarkan limbah ini dari tubuh ketika seseorang buang air kecil...

Cedera ginjal akut (AKI) didefinisikan sebagai onset tiba-tiba disfungsi ginjal dan sering terjadi di unit perawatan intensif anak (ICU). Pada orang dewasa dan anak-anak, AKI didefinisikan sebagai adanya penanda cedera ginjal (misalnya, albuminuria; diketahui malformasi ginjal) atau penurunan fungsi ginjal selama lebih dari 3 bulan.

Cedera ginjal akut diinterpretasikan menggunakan kreatinin serum (SCr) dari keluaran urin, berdasarkan definisi KDIGO. AKI diklasifikasikan sebagai:

  1. Stadium 1 (SCr naik 1,5-1,9 kali baseline dalam 7 hari atau 26,5 mol/L dalam 48 jam atau output urin < 0,5 mL/kg/jam selama 8 jam)
  2. Stadium 2 (SCr naik 2,0- 2,9 kali baseline atau urin output < 0,5 mL/kg/jam selama 16 jam)
  3. Stadium 3 (SCr naik 3,0 kali baseline, SCr 353,6 mol/L, terapi dialisis untuk AKI, atau eGFR < 35 mL/min/1,73 m2 [jika >3 bulan] atau produksi urin <0,3 mL/kg/jam selama 24 jam

Tahap AKI maksimum yang ditentukan oleh SCr atau kriteria keluaran urin digunakan untuk mengklasifikasikan keparahan. Masalah kesehatan ini, yang dikenal sebagai penyakit ginjal akut progresif atipikal, misterius karena pola penyakitnya memburuk dengan cepat dan penyebabnya tidak diketahui.

Gejala Gangguan Ginjal Akut Misterius Pada Anak

Terdapat beberapa gejala gangguan ginjal akut misterius pada anak yang perlu diwaspadai, antara lain:

  1. Demam dan diare 
  2. Terkadang disertai batuk, pilek, atau gangguan napas
  3. Muntah
  4. Buang air kecil jadi lebih sedikit daripada biasanya

Setelah gejala awal tersebut, kondisi anak yang terserang gangguan ginjal akut umumnya segera menurun. Jika produksi urin turun dan fungsi ginjal menurun sampai tinggal 50 persen, kita bisa lihat badan anak mulai bengkak, napas cepat dan dalam, dan kejang karena gangguan elektrolit dan tekanan darah turun. Kebanyakan penyakit ini menyerang anak di bawah usia 6 tahun. Tapi, ada juga anak balita sampai usia 8 tahun yang terkena penyakit ini. 

Cara Mendeteksi Gangguan Ginjal Akut Misterius Pada Anak

Apabila orangtua mendapati gejala gangguan ginjal akut misterius pada anak di atas, segera periksakan ke dokter atau rumah sakit terdekat. Jika orangtua mendapati demam, diare, gangguan pernapasan, atau muntah. pastikan orangtua segera periksa pipis anak. Buka popoknya. Cek pipisnya ada atau tidak, Jika produksi kencing terpantau menurun atau tidak keluar selama lebih dari enam jam, segera bawa anak ke rumah sakit. Dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan terkait kondisi anak dan menyarankan pemeriksaan penunjang seperti, tes darah dan tes urine untuk memeriksa kadar ureum, kreatinin, dan elektrolit anak.

Penilaian fungsi ginjal umumnya dapat diketahui melalui beberapa indikator. Saat ini yang paling sering digunakan klinisi adalah hanya dengan kreatinin dari serum darah dan masuk ke dalam rumus perhitungan untuk mendapatkan angka eGFR = estimated Glomerular Filtration Rate. Sebenarnya guideline penentuan fungsi ginjal dari jurnal dan Konsensus Internasional seperti KDIGO 2012 Clinical Practice Guideline for the Evaluation and Management, menuliskan bahwa diperlukan beberapa indikator lainnya dalam penilaian fungsi ginjal tersebut yakni dengan pengukuran mikroalbuminuria, ACR dan kreatinin urin.

Sinocare ACR Analyzer merupakan salah satu produk unggulan Sinocare, perusahaan rapid test – POCT terbesar di China yang didistribusikan langsung oleh PT Isotekindi Intertama. Merupakan alat untuk mengukur Rasio Albumin Kreatinin yang digunakan secara praktis hanya dengan 0,8 µL urin. Sinocare ACR Analyzer dimaksudkan untuk digunakan bersama reagen kit mALB / Cr untuk menentukan menentukan secara kuantitatif mikroalbuminuria, kreatinin dan ACR (rasio mikroalbuminuria dan kreatinin) dalam sampel urin. Alat ini hanya untuk penggunaan diagnostik in vitro (IVD) yang masuk kategori alat point-of-care-test sebagai alat bantu penegakan diagnosis penyakit atau fungsi ginjal.

Sinocare ACR Analyzer memiliki beberapa kelebihan diantaranya, proses pengukuran yang praktis, karena reagen hanya tinggal dimasukkan kedalam alat untuk kemudian dibiarkan melakukan pengukuran secara otomatis selama 6,8 menit. Sinocare ACR Analyzer akan membuat pasien menjadi lebih nyaman dalam melakukan pengambilan sampel karena tidak ada rasa sakit, hanya cukup menggunakan urin dengan volume sampel yang sedikit (0,8 µL). Selain itu, Sinocare ACR Analyzer dapat diletakkan pada ruangan yang kecil karena tidak memakan banyak tempat, dan Sinocare ACR Analyzer memiliki bobot yang cukup ringan yaitu 6,5 kg.

Apabila dari hasil pemeriksaan terdapat indikasi gejala gangguan ginjal akut misterius pada anak, dokter akan memberikan terapi pengobatan sampai merekomendasikan cuci darah.


Referensi:

  1. Insert Pack  Sinocare ACR Analyzer
  2. National Kidney Foundation, (2020). Acute Kidney Injury (AKI)
  3. Kompas Health (2022). IDAI Statement About Mysterious Acute Kidney Disorders in Children

 

Tag
Rasio Albumin Kreatinin (ACR)
Bagikan
Artikel Terkait