image article
27-December-2022
CARA MONITORING GULA DARAH YANG BENAR

Diabetes adalah suatu kondisi yang menghambat kemampuan tubuh untuk memproduksi atau menggunakan insulin. Hormon ini bertanggung jawab untuk memungkinkan sel menggunakan glukosa dalam darah sebagai sumber energi. Mengelola diabetes penting untuk membantu mengelola kondisi diabetes, orang harus mengontrol glukosa darahnya menjaga kadar gula dalam kisaran yang sehat.

Pemantauan gula darah secara teratur adalah hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk mengelola diabetes tipe 1 atau tipe 2. Anda akan dapat melihat apa yang membuat angka Anda naik atau turun, seperti makan makanan yang menjadi pemicu meningkatnya kadar gula darah, minum obat, atau aktif secara fisik. Dengan informasi ini, Anda dapat bekerja dengan tenaga kesehatan Anda untuk membuat keputusan tentang rencana perawatan diabetes terbaik Anda. Keputusan ini dapat membantu menunda atau mencegah komplikasi diabetes seperti serangan jantung, stroke, penyakit ginjal, kebutaan, dan amputasi. Dokter akan memberi tahu Anda kapan dan seberapa sering harus memeriksa kadar gula darah. Sebagian besar pengukur gula darah memungkinkan Anda menyimpan hasil dan Anda dapat mencatat hasilnya setiap kali akan mengunjungi penyedia layanan kesehatan.

Bagaimana Cara Menggunakan Pengukur Gula Darah?

Di bawah ini adalah tips cara menggunakan alat pengukur gula darah.

  • Pastikan meteran bersih dan siap digunakan (sudah terhubung dengan sumber daya).
  • Setelah mengambil test strip, segera tutup wadah test strip dengan rapat. Strip uji dapat rusak jika terkena kelembapan.
  • Cuci tangan Anda dengan sabun dan air hangat. Sangat kering. Pijat tangan Anda untuk memasukkan darah ke jari.
  • Gunakan lancet untuk menusuk jari . Tekan dari pangkal jari, dengan lembut tempatkan sedikit darah ke strip tes. Tempatkan strip di meteran.
  • Setelah beberapa detik, bacaan akan muncul. Lacak dan rekam hasil Anda. Tambahkan catatan tentang apa pun yang mungkin membuat pembacaan di luar jangkauan target Anda, seperti makanan, aktivitas, dll.
  • Buang lancet dengan benar dan ke tempat sampah.
  • Jangan berbagi alat pemantau gula darah, seperti lancet, dengan siapapun, bahkan anggota keluarga lainnya.
  • Simpan strip uji dalam wadah yang disediakan. Jangan memaparkannya pada kelembapan, panas ekstrem, atau suhu dingin.

Melakukan Pengukuran Tes HbA1C
Pastikan untuk mendapatkan tes A1C setidaknya dua kali setahun. Beberapa orang mungkin perlu melakukan tes lebih sering, jadi ikuti saran dokter Anda.

Hasil A1C memberi tahu Anda kadar gula darah rata-rata Anda selama 3 bulan. Hasil A1C mungkin berbeda pada orang dengan masalah hemoglobin ikon eksternal seperti anemia sel sabit. Bekerjalah dengan dokter Anda untuk memutuskan tujuan A1C terbaik untuk Anda. Ikuti saran dan rekomendasi dokter Anda.

Hasil A1C Anda akan dilaporkan dalam dua cara:

  • A1C sebagai persentase.
  • Perkiraan glukosa rata-rata (eAG), dalam jumlah yang sama dengan pembacaan gula darah harian Anda.

Salah satu pilihan utama untuk pemantauan gula darah (Parameter Tunggal) PT Isotekindo Intertama memiliki pilihan yang dapat dipilih:

  1. Sistem Pemantauan Glukosa Darah Glucosure STAR adalah sistem pemantauan glukosa darah berfitur lengkap yang membutuhkan volume sampel yang sangat kecil (0,5 μL) untuk menguji dan memberikan kenyamanan yang lebih besar dan pilihan lokasi pengujian yang berbeda (telapak tangan, lengan bawah, dan jari). Dilengkapi dengan kapasitas penyimpanan yang besar hingga 300 memori.
  2. Sistem Pemantauan Glukosa Darah GlucoSure AutoCode adalah sistem pemantauan glukosa darah pengkodean otomatis unik yang secara otomatis memilih kalibrasi terbaik setiap kali strip tes dimasukkan. Kesalahan kalibrasi seringkali menjadi penyebab utama pembacaan yang tidak akurat. GlucoSure AutoCode menghilangkan kesalahan kalibrasi dan membuat pengujian menjadi lebih sederhana. Tidak diperlukan lagi kartu kode atau pemilihan kode tombol-tekan. Membutuhkan volume sampel yang sangat kecil (0,5 μL) untuk diuji dan dilengkapi dengan Alternate Site Testing (AST) untuk mengurangi risiko rasa sakit karena sampel dapat diambil selain jari seperti paha & telapak tangan.

Selain itu PT Isotekindo Intertama juga memiliki alat untuk melakukan monitoring terhadap HbA1c:

  1. Eclipse A1c Analyzer menawarkan cara cepat dan mudah untuk mengukur HbA1c di klinik atau fasilitas perawatan jangka panjang yang mengutamakan kecepatan dan kenyamanan. HbA1c dapat diukur hanya dalam 3 langkah sederhana dan hasilnya disertifikasi oleh National Glycohemoglobin Standardization Protocol (NGSP) untuk memastikan keakuratannya. Sampel darah yang dibutuhkan sedikit (1 µL), Sampel dari kapiler dan vena (disimpan dalam tabung EDTA maksimal 1 minggu pada suhu 4°C), dan dilengkapi dengan nilai perkiraan glukosa rata-rata (eAG).
  2. Sinocare PCH-100 HbA1c Analyzer Portable Glycated Hemoglobin Analyzer dengan waktu uji cepat untuk mencerminkan kontrol glikemik sebelum 2 - 3 bulan terakhir, menggunakan metode kromatografi afinitas asam borat. Diproduksi sesuai dengan standar National Glycohemoglobin Standardization Protocol (NGSP). Dilengkapi dengan panduan suara (voice prompt) yang mudah digunakan dan meminimalisir kesalahan saat melakukan pengukuran. Dapat terhubung dengan Hospital Information System (HIS) memungkinkan untuk terhubung dengan instrumen eksternal dan memastikan keamanan data untuk memenuhi persyaratan audit & akreditasi dengan prompt suara. Kapasitas Penyimpanan 1.000 sampel data, 200 data QC, kapasitas memori yang besar memastikan pelanggan memiliki catatan medis pasien, dan juga memenuhi persyaratan kontrol kualitas.

Mari mulai pantau kadar gula darah dari sekarang untuk menghindari komplikasi akibat diabetes.

 

Referensi:

  1. CDC. (2022). Monitoring Your Blood Sugar.
  2. CDC. (2022). What to know about continuous glucose monitors.
  3. Insert Pack Eclipse A1c Analyzer
  4. Insert Pack Glucosure STAR
  5. Insert Pack Glucosure Autocode
  6. Insert Pack Sinocare PCH-100
Tag
Gula Darah
HbA1c
Bagikan
Artikel Terkait