image article
19-April-2022
BULAN KESADARAN INFEKSI MENULAR SEKSUAL (IMS)

Infeksi menular seksual (IMS), juga dikenal sebagai penyakit menular seksual (PMS) adalah infeksi yang disebarkan melalui kontak seksual. April ditandai sebagai Bulan Kesadaran IMS, kampanye oleh Centers for Disease Control diselenggarakan sebagai upaya untuk melawan tingginya tingkat Infeksi Menular Seksual.

IMS umum terjadi, tetapi seseorang mungkin tidak tahu bahwa mereka menderita IMS karena banyak yang tidak memiliki gejala. Tetapi jika tidak terdeteksi dan tidak diobati, IMS dapat menyebabkan konsekuensi kesehatan yang serius. Misalnya, klamidia atau gonore yang tidak diobati dapat menempatkan seorang wanita pada risiko penyakit radang panggul, suatu kondisi yang dapat menyebabkan kemandulan.

Bulan April ditandai sebagai Bulan Kesadaran Infeksi Menular Seksual (IMS), kampanye oleh Centers for Disease Control and Prevention diselenggarakan sebagai upaya untuk melawan tingginya tingkat Infeksi Menular Seksual. Bulan Kesadaran IMS juga memberikan kesempatan untuk meningkatkan kesadaran tentang IMS dan bagaimana dampaknya terhadap kehidupan kita; mengurangi stigma, ketakutan, dan diskriminasi terkait IMS; dan memastikan bahwa masyarakat sudah memiliki alat dan pengetahuan untuk mencegahk, menguji, dan mengobati IMS.

Pada Bulan Kesadaran IMS ini, American Sexual Health Association (ASHA) menarik perhatian akan pentingnya tes IMS. Orang dengan banyak pasangan seksual, mereka yang mengira mereka mungkin telah terpapar, mereka yang pernah melakukan hubungan seks tanpa kondom dengan pasangan yang status kesehatannya tidak diketahui, atau siapa pun yang memiliki gejala IMS harus diperiksa. Siapa pun yang aktif secara seksual berisiko terkena dan menyebarkan IMS. Untuk mempelajari tes apa yang direkomendasikan, Anda dapat berbicara dengan penyedia layanan kesehatan dan menjalani tes.

Pengujian untuk IMS bukanlah masalah besar. Pengujian mudah dan karena banyak IMS tidak memiliki gejala, menjalani tes adalah satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti mengenai IMS. Melakukan tes juga adalah salah satu bagian dari menjaga kesehatan. Tes IMS:

  1. CEPAT & TANPA SAKIT

Biasanya hanya berupa rapid test atau buang air kecil dalam cangkir.

  1. BIAYA TES GRATIS ATAU MURAH

Sebagian besar asuransi mencakup tes IMS. Ada juga banyak klinik yang memberikan harga murah untuk tes IMS.

  1. RAHASIA

Hasil tes bersifat rahasia, orang lain tidak akan tahu.

  1. TIDAK GAGAL

Tes positif untuk IMS hanyalah langkah pertama untuk mengobatinya. Dan dengan penyakit menular seksual yang umum, seperti klamidia atau gonore, antibiotik biasanya dapat membantu.

  1. LEBIH BAIK SEKARANG DARIPADA NANTI

Masalah sebenarnya adalah ketika IMS tidak terdiagnosis. Seperti contoh klamidia—ini dapat menyebabkan kondisi serius yang disebut penyakit radang panggul yang dapat menyebabkan kemandulan jika tidak diobati.

Infeksi Menular Seksual (IMS) dan Penyakit Menular Seksual (PMS) memiliki pengertian yang sama yaitu penyakit yang ditularkan melalui aktivitas seksual (mencakup semua jenis hubungan seks vaginal, anal, dan oral). Anda dapat mengurangi risiko IMS dengan menggunakan kondom setiap kali berhubungan seks.

 

 

Referensi:

  1. CDC. (2022). STD Awareness Week.
  2. District Health Departement. April is STI Awareness Month.
  3. YES MEANS TEST. (2022). FIND FREE, FAST, AND CONFIDENTIAL TESTING NEAR YOU
Tag
Bagikan