image article
29-October-2022
MENCEGAH STROKE: YANG DAPAT ANDA LAKUKAN

Stroke adalah kondisi medis serius yang mengancam jiwa, dapat terjadi ketika suplai darah ke bagian otak terputus. Semakin cepat seseorang menerima tindakan untuk stroke, semakin sedikit kerusakan yang mungkin terjadi.

Kenali tanda-tanda stroke

Tanda dan gejala stroke bervariasi dari orang ke orang, tetapi biasanya dimulai secara tiba-tiba. Karena berbagai bagian otak Anda mengendalikan bagian tubuh yang berbeda, gejala Anda akan tergantung pada bagian otak Anda yang terpengaruh dan tingkat kerusakannya.

Gejala utama stroke dapat diingat dengan kata CEPAT:

  • Wajah – wajah mungkin tidak dapat bergerak di satu sisi, orang tersebut mungkin tidak dapat tersenyum, atau mulut atau matanya mungkin terkulai.
  • Lengan – orang tersebut mungkin tidak dapat mengangkat kedua lengan dan menahannya di sana karena kelemahan atau mati rasa pada salah satu lengan.
  • Pidato  – ucapan mereka mungkin tidak jelas atau kacau, atau orang tersebut mungkin tidak dapat berbicara sama sekali; mereka mungkin juga kesulitan memahami apa yang Anda katakan kepada mereka.
  • Waktu  – saatnya untuk segera menghubungi rumah sakit  jika Anda melihat salah satu dari tanda atau gejala ini.

Penyebab Stroke

Ada 2 penyebab utama stroke:

  • iskemik – di mana suplai darah dihentikan karena  bekuan darah , terhitung 85% dari semua kasus
  • hemoragik – di mana pembuluh darah melemah yang memasok otak pecah

Ada juga kondisi terkait yang disebut serangan iskemik transien (TIA) , di mana suplai darah ke otak untuk sementara terganggu. Hal ini menyebabkan apa yang dikenal sebagai mini-stroke. Ini bisa berlangsung beberapa menit atau bertahan hingga 24 jam. TIA harus segera ditangani, karena sering kali merupakan tanda peringatan bahwa Anda berisiko mengalami stroke penuh dalam waktu dekat.

Kondisi tertentu meningkatkan risiko terkena stroke, termasuk:

Mengobati stroke

Perawatan tergantung pada jenis stroke yang Anda alami, termasuk bagian otak mana yang terpengaruh dan apa penyebabnya. Stroke biasanya diobati dengan obat-obatan. Ini termasuk obat-obatan untuk mencegah dan melarutkan pembekuan darah, mengurangi tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol. Dalam beberapa kasus, prosedur mungkin diperlukan untuk menghilangkan gumpalan darah. Pembedahan mungkin juga diperlukan untuk mengobati pembengkakan otak dan mengurangi risiko pendarahan lebih lanjut jika ini adalah penyebab stroke.

Mencegah stroke

Anda dapat secara signifikan mengurangi risiko terkena stroke jika Anda:

Untuk pemantauan gula darah, kolesterol, trigliserida dan asam urat PT Isotekindo Intertama memiliki produk khusus yaitu Multisure GCTU Monitoring SystemMultisure GCTU Monitoring System menawarkan cara cepat dan mudah untuk menguji glukosa, kolesterol, dan trigliserida dalam darah menggunakan strip tes.

Ada fitur dan manfaat dari Multisure GCTU Monitoring System:

Jika Anda memiliki kondisi yang meningkatkan risiko stroke, penting untuk mengelolanya secara efektif. Misalnya, minum obat yang diresepkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau kadar kolesterol. Jika Anda pernah mengalami stroke atau TIA di masa lalu, langkah-langkah ini sangat penting karena risiko Anda mengalami stroke lagi sangat meningkat.

 

Referensi:

  1. Insert Pack Multisure GCTU Monitoring System
  2. CDC (2022). Prevent Stroke
  3. Harvard Health Publishing (2022). 7 things you can do to prevent a stroke 
Tag
Kolesterol
Gula Darah
Trigliserida
Bagikan
Artikel Terkait