image article
07-September-2023
HEPATITIS PADA ANAK

Hepatitis merupakan peradangan pada organ hati dan bisa terjadi pada anak-anak. Orang tua perlu lebih waspada dalam memperhatikan kesehatan anak dan mengenali lebih jauh gejala hepatitis pada anak serta cara pencegahannya.

 

Hepatitis adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan peradangan hati. Peradangan hati dapat disebabkan oleh beberapa virus (virus hepatitis), bahan kimia, obat-obatan, alkohol, kelainan genetik tertentu atau oleh sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif sehingga secara keliru menyerang hati, yang disebut hepatitis autoimun. Tergantung pada perjalanan penyakitnya, hepatitis bisa bersifat akut, yang muncul tiba-tiba dan kemudian hilang, atau kronis, yang merupakan kondisi jangka panjang yang biasanya menimbulkan gejala yang lebih halus dan kerusakan hati yang progresif.

Ada lima virus yang menyebabkan berbagai bentuk virus hepatitis:

  1. Hepatitis A: sebagian besar merupakan penyakit yang ditularkan melalui makanan dan dapat menyebar melalui air yang terkontaminasi dan makanan yang tidak dicuci. Penyakit ini paling mudah menular, terutama pada anak-anak, namun juga paling kecil kemungkinannya untuk merusak hati dan biasanya ringan dan sembuh total dalam waktu enam bulan.
  2. Hepatitis B: dapat menular melalui paparan darah, jarum suntik, atau cairan tubuh yang terkontaminasi dan dari ibu ke bayinya. Penyakit ini merupakan kelainan kronis dan, dalam beberapa kasus, dapat menyebabkan kerusakan hati jangka panjang, kanker hati, dan sirosis hati setelah bertahun-tahun membawa virus.
  3. Hepatitis C: hanya menular melalui darah yang terinfeksi atau dari ibu ke bayi baru lahir saat melahirkan. Hal ini juga dapat menyebabkan kanker hati dan sirosis dalam jangka panjang.
  4. Hepatitis D: hanya terdapat pada orang yang juga terinfeksi hepatitis B.
  5. Hepatitis E: Bentuk hepatitis ini seperti hepatitis A. Penyakit ini menyebar melalui kontak fecal-oral. Terutama ditemukan di Afrika, Asia, dan Amerika Selatan.

Orang tua harus waspada dan harap menghubungi penyedia layanan kesehatan jika anak Anda memiliki gejala-gejala berikut:

  1. Penyakit kuning (menguningnya kulit atau mata)
  2. Demam
  3. Kelelahan
  4. Kehilangan selera makan
  5. Mual
  6. Muntah
  7. Sakit perut
  8. Feses berwarna terang
  9. Nyeri sendi

Mendapatkan vaksin hepatitis A dan hepatitis B, dapat membantu melindungi anak terhadap virus hepatitis. Vaksin hepatitis B (rangkaian 3 dosis) diberikan kepada bayi saat lahir dan dua kali lagi selama beberapa bulan berikutnya. Vaksin Hepatitis B juga melindungi terhadap Hepatitis D, karena Anda tidak dapat tertular hepatitis D kecuali ada infeksi hepatitis B. Vaksin hepatitis A (rangkaian 2 dosis) direkomendasikan untuk bayi setelah mereka berusia 12 bulan. Vaksinasi hepatitis A sangat penting karena terdapat daerah-daerah di negara ini dengan tingkat infeksi hepatitis A yang tinggi dan bagi siapa pun yang bepergian ke daerah-daerah di mana penyakit ini menyebar.

Ada juga beberapa tindakan pencegahan lain yang dapat dilakukan, seperti:

  • Mencuci tangan dengan sabun dan air bersih minimal 20 detik sebelum makan, minum dan saat menyiapkan makanan dan minuman
  • Jangan berbagi peralatan atau makanan, dan hindari makanan dan air yang terkontaminasi
  • Sebelum bepergian ke negara lain, tanyakan kepada dokter anak mengenai risiko hepatitis dan tindakan pencegahan apa yang harus dilakukan. Dalam beberapa kasus, dokter anak mungkin merekomendasikan vaksin hepatitis A sebelum bepergian

 

 

Referensi:

  1. Centers for Disease Control and Prevention. (2022). Children With Hepatitis of Unknown Cause
  2. HealthyChildren. (2022). How Do Children Get Hepatitis?
  3. John Hopkins Medicine. Hepatitis in Children.
Tag
Bagikan