image article
01-January-1970
HIDUP SEHAT UNTUK JANTUNG KITA

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian, tapi itu tidak bisa dihindari. Meskipun Anda tidak dapat mengubah beberapa faktor risiko seperti riwayat keluarga, jenis kelamin, atau usia. Ada banyak cara untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Ketika Anda memilih perilaku sehat, Anda dapat menurunkan risiko penyakit jantung sekaligus mencegah kondisi kronis serius lainnya seperti diabetes tipe 2 dan beberapa jenis kanker.

Anda mungkin tidak terlalu memikirkannya sepanjang hari, tetapi hati Anda bekerja sepanjang waktu untuk Anda. Jantung Anda adalah otot yang paling penting dalam tubuh Anda karena memompa darah dan oksigen ke semua organ. Ketika jantung Anda tidak mendapatkan perawatan yang dibutuhkan, masalah serius dapat berkembang di lapisan arteri, yang kemudian menyebabkan pembentukan plak. Plak inilah yang menyebabkan serangan jantung dan penyumbatan aliran darah di arteri. Pahami kondisi yang memengaruhi jantung dan kebiasaan yang dapat membantu mencegah atau mengelolanya. Mengambil tindakan akan membantu Anda untuk terjaga dalam kondisi yang prima. Selain itu, apa sajakah kelainan metabolisme yang dapat memicu terjadinya kerusakan pada jantung?

Kolesterol
Apa Itu Kolesterol?

Anda mungkin berpikir semua kolesterol itu buruk, tetapi tubuh Anda membutuhkan beberapa untuk bekerja dengan benar. Kolesterol adalah lemak yang dibuat tubuh Anda dan juga didapatkan dari makanan. Ini memungkinkan tubuh Anda untuk membuat vitamin D dan hormon tertentu, termasuk estrogen pada wanita dan testosteron pada pria dan membantu pencernaan. 

Mengapa saya harus peduli dengan kolesterol?

Ada dua jenis kolesterol yang mungkin pernah Anda dengar: High-density lipoprotein atau HDL, sering disebut kolesterol baik, dan low-density lipoprotein atau LDL, sering disebut kolesterol jahat. Kolesterol jahat dapat berkontribusi pada plak yang menyumbat arteri. Kolesterol baik, di sisi lain, membantu menghilangkan plak. Pada akhirnya, ini membantu melindungi Anda dari penyakit jantung. Memiliki terlalu banyak yang buruk, atau tidak cukup baik, dapat menyebabkan penyakit jantung.

Bagaimana saya tahu jika saya memiliki kolesterol tinggi?

Biasanya tidak ada gejala kolesterol tinggi. Itu sebabnya yang terbaik adalah memeriksakan kadar kolesterol Anda melalui tes darah atau peralatan rumah. Anda mungkin harus pergi tanpa makan, minum, atau minum obat, mulai dari sembilan hingga 12 jam sebelum tes. Bicaralah dengan dokter Anda tentang cara terbaik untuk mempersiapkan tes di rumah. Tes darah itu akan memberi Anda beberapa angka, termasuk kolesterol total Anda, kadar kolesterol baik dan jahat Anda, dan trigliserida, yang merupakan jenis lemak.

Berikut adalah referensi nilai kadar lemak dalam darah:

Kolesterol Total

  • <200 mg/dL

LDL (Low-Density Lipoprotein) 

  • <70 mg/dL jika Anda terkena penyakit jantung
  • <100 mg/dL jika Anda berisiko tinggi terkena penyakit jantung
  • <130 mg/dL jika Anda berisiko rendah terkena penyakit jantung

HDL (High-Density Lipoprotein)

  • Sekitar 40 mg/dL untuk pria
  • Sekitar than 50 mg/dL untuk wanita

Trigliserida

  • <150 mg/dL

Tekanan darah tinggi
Apa itu tekanan darah tinggi?

Ketika Anda memiliki tekanan darah tinggi, juga disebut hipertensi, kekuatan darah terhadap dinding arteri Anda tinggi. Tanpa pengobatan, tekanan darah tinggi dapat merusak arteri, jantung, ginjal, dan organ lainnya. Ini dapat menyebabkan serangan jantung, stroke, dan gagal ginjal. Ini juga dapat menyebabkan kehilangan penglihatan dan memori, disfungsi ereksi, cairan di paru-paru, nyeri dada, masalah peredaran darah, dan beberapa kondisi lainnya.

Bagaimana cara mengetahui apakah memiliki tekanan darah tinggi?

Tes tekanan darah adalah satu-satunya cara untuk mengetahui apakah tekanan darah Anda terlalu tinggi. Selama tes, manset ditempatkan di sekitar lengan atas Anda untuk mengukur tekanan darah yang mengalir melalui arteri. Meskipun hampir tidak mungkin untuk mengetahui apakah Anda memiliki tekanan darah tinggi tanpa tes, ada sesuatu yang disebut krisis hipertensi di mana tekanan darah Anda sangat tinggi sehingga Anda memerlukan perawatan darurat. Dalam hal ini, Anda akan memiliki gejala. Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi bersama dengan sakit kepala parah atau sakit punggung, ketidaknyamanan dada, mual atau muntah, merasa gugup atau cemas, masalah penglihatan, dan lainnya.

Apa yang dapat saya lakukan dalam kehidupan sehari-hari untuk menurunkan risiko penyakit jantung?

  1. Pelajari riwayat kesehatan anda: Ketahui risiko Anda dan bicarakan dengan keluarga dan dokter Anda tentang riwayat kesehatan Anda.
  2. Makan diet sehat: Buatlah pilihan makanan sehat seperti lebih banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian, daging tanpa lemak, dan produk susu rendah lemak. Makan lebih sedikit garam, lemak jenuh, dan gula tambahan.
  3. Lebih banyak bergerak, lebih sedikit duduk: Lakukan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik intensitas sedang setiap minggu, ditambah aktivitas penguatan otot setidaknya 2 hari seminggu.
  4. Jangan merokok atau menggunakan tembakau: Bahan kimia dalam tembakau dapat merusak jantung dan pembuluh darah. Asap rokok mengurangi oksigen dalam darah, yang meningkatkan tekanan darah dan detak jantung karena jantung harus bekerja lebih keras untuk memasok oksigen yang cukup ke tubuh dan otak.
  5. Pertahankan berat badan yang sehat: Kelebihan berat badan – terutama di sekitar bagian tengah tubuh – meningkatkan risiko penyakit jantung. Kelebihan berat badan dapat menyebabkan kondisi yang meningkatkan kemungkinan terkena penyakit jantung - termasuk tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes tipe 2. Indeks massa tubuh (BMI) menggunakan tinggi dan berat badan untuk menentukan apakah seseorang kelebihan berat badan atau obesitas. BMI 25 atau lebih tinggi dianggap kelebihan berat badan dan umumnya dikaitkan dengan kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke.

Alat apa yang dapat membantu saya mengawasi kesehatan jantung saya di rumah?

Jika Anda ingin mengawasi tekanan darah, berat badan, atau jumlah olahraga Anda, ada beberapa alat yang dapat membantu memotivasi Anda dan melacak kemajuan Anda. Berikut adalah beberapa yang mungkin Anda pertimbangkan:

  1. Monitor tekanan darah: Membantu Anda melacak tekanan darah Anda sendiri. Carilah monitor lengan atas otomatis bergaya manset. Pastikan manset pas dengan lengan Anda sebelum Anda membelinya.
  2. Ambil tekanan darah Anda dua kali di pagi hari dan dua kali di malam hari selama minimal 3 hari untuk mendapatkan pembacaan rata-rata.
  3. Monitor detak jantung: Perangkat ini memberi tahu Anda seberapa keras jantung Anda bekerja saat Anda melakukan aktivitas fisik.

 Sistem Pemantauan Glukosa Darah, Kolesterol, dan Trigliserida: 

Untuk pemantauan gula darah, kolesterol dan trigliserida PT Isotekindo Intertama memiliki produk khusus yaitu MULTICAREIN Meter 3 in 1 Glukosa Darah, Kolesterol, dan Trigliserida. MULTICAREIN Meter 3 in 1 Glukosa Darah, Kolesterol, dan Trigliserida menawarkan cara cepat dan mudah untuk menguji glukosa, kolesterol, dan trigliserida dalam darah menggunakan strip tes.

Ada fitur dan manfaat dari MULTICAREIN Meter 3 in 1 Glukosa Darah, Kolesterol, dan Trigliserida:

Pengukuran parameter darah seperti glukosa darah tinggi, kolesterol serum tinggi, dan trigliserida serum tinggi dapat menentukan kondisi klinis yang dikenal sebagai SINDROM METABOLIK yang dapat meningkatkan RISIKO KARDIOVASKULAR.

 

Referensi:

  1. CDC (2022). 7 Strategies to Live a Heart-Healthy Lifestyle
  2. Insert Pack MULTICAREIN Meter 3 in 1 Blood Glucose, Cholesterol, and Triglycerides
  3. WebMD (2022). Heart Health Tips

 

Tag
Bagikan