image article
01-January-1970
MARI MENGENAL PNEUMONIA

Pneumonia adalah infeksi yang menyebabkan peradangan pada kantung udara di salah satu atau kedua paru-paru. Tanda & gejala pneumonia dapat bervariasi, tergantung dari tingkat keparahan dan juga faktor penyebabnya. Menggunakan disinfektan udara dengan teknologi UVGI seperti OXIRA dapat menjadi solusi untuk menghindari infeksi pneumonia.

 

Pneumonia adalah infeksi yang menyebabkan kantung udara di salah satu atau kedua paru-paru. Berbagai organisme, termasuk bakteri, virus dan jamur, dapat menyebabkan pneumonia. Namun yang paling umum menyerang adalah bakteri dan virus yang ada di udara. Sebagian besar pneumonia terjadi ketika sistem imun tubuh seseorang mengalami penurunan atau sedang terganggu, sehingga kuman bisa menyerang dan berkembang biak di dalam paru-paru.

Kemudian tubuh akan memberikan perlawanan untuk menghancurkan organisme yang menyerang. Sel darah putih dengan cepat menumpuk dan segera melawan bakteri serta jamur, kemudian mereka akan mengisi kantung udara di dalam paru-paru (alveoli), menyebabkan batuk berdahak atau bernanah, demam, menggigil, dan kesulitan bernapas. Tingkat keparahan Pneumonia dapat bersifat ringan hingga mengancam jiwa.

Tanda dan gejala pneumonia bervariasi dari ringan hingga berat, tergantung pada faktor-faktor seperti jenis kuman yang menyebabkan infeksi, usia, dan kesehatan seseorang secara keseluruhan. Tanda dan gejala ringan seringkali mirip dengan pilek atau flu, tetapi bertahan lebih lama. Selain itu, gejala yang dapat terjadi adalah:

  1. Nyeri dada saat bernapas atau batuk
  2. Kebingungan atau perubahan kesadaran mental (pada orang dewasa berusia 65 tahun ke atas)
  3. Batuk, yang dapat menghasilkan dahak
  4. Kelelahan
  5. Demam, berkeringat dan menggigil kedinginan
  6. Suhu tubuh lebih rendah dari normal
  7. Mual, muntah atau diare
  8. Sesak napas

Bayi yang baru lahir dan bayi mungkin tidak menunjukkan tanda-tanda infeksi. Atau mereka mungkin muntah, demam dan batuk, tampak gelisah atau lelah dan tanpa energi, atau mengalami kesulitan bernapas dan makan.

Pneumonia bisa menyerang siapa saja. Tetapi dua kelompok usia dengan risiko tertinggi adalah:

  • Anak-anak yang berusia 2 tahun atau lebih muda
  • Orang yang berusia 65 tahun ke atas

Faktor risiko lainnya termasuk:

  • Seseorang yang sedang dirawat di rumah sakit, berisiko lebih besar terkena pneumonia jika berada di unit perawatan intensif rumah sakit, terutama jika menggunakan mesin ventilator.
  • Penyakit kronis. Seseorang lebih mungkin terkena pneumonia jika menderita penyakit kronis seperti asma, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), atau penyakit jantung.
  • Merokok akan merusak pertahanan alami tubuh terhadap bakteri dan virus yang menyebabkan pneumonia.
  • Sistem kekebalan tubuh yang melemah atau tertekan. Orang yang mengidap HIV/AIDS, yang pernah menjalani transplantasi organ, atau yang menerima kemoterapi atau steroid jangka panjang berisiko.

Lalu apa saja yang bisa dilakukan untuk mencegah diri sendiri dan orang sekitar dari infeksi penyakit pneumonia?

  1. Vaksin tersedia untuk mencegah beberapa jenis pneumonia dan flu. Konsultasi dengan dokter sebelum mendapatkan vaksin pneumonia.
  2. Pastikan anak-anak mendapatkan vaksinasi. Dokter merekomendasikan vaksin pneumonia yang berbeda untuk anak-anak di bawah usia 2 tahun dan untuk anak-anak usia 2-5 tahun yang berisiko terkena penyakit pneumokokus. Dokter juga merekomendasikan suntikan flu untuk anak di atas 6 bulan.
  3. Menjaga kebersihan. Untuk melindungi diri dari infeksi pneumonia, cuci tangan secara teratur atau gunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol.
  4. Jangan merokok. Merokok akan merusak pertahanan alami paru-paru terhadap infeksi pernapasan.
  5. Jaga agar sistem kekebalan tubuh kuat. Tidur yang cukup, olahraga teratur dan makan makanan yang sehat.
  6. Menggunakan disinfektan udara berteknologi UVGI seperti OXIRA. Disinfektan udara ini akan merusak DNA/RNA virus, bakteri dan jamur infeksius yang beredar dalam udara ruang tertutup, kemudian membatasi kemampuannya untuk tumbuh dan berkembang biak. OXIRA akan mengurangi risiko penularan infeksi mikroba di udara.

 

PT Isotekindo Intertama merupakan distributor resmi untuk OXIRA. Jika anda tertarik dengan produk ini silahkan hubungi kami pada kolom kontak dibawah.

 

 

Referensi:

  1. Mayo Clinic. (2022). Pneumonia and Your Lungs
  2. National Heart, Lung, and Blood Institute. (2022). What is Pneumonia?
  3. Centers for Disease Control and Prevention. (2022). Pneumococcal Disease in Adults and the Vaccines to Prevent It
Tag
Bagikan