image article
01-January-1970
SARIAWAN PADA ANAK

Sariawan adalah infeksi jamur yang umum terjadi di dalam dan sekitar mulut anak-anak. Sariawan mulut terlihat seperti bintik-bintik putih dan bercak. Sariawan sering hilang dengan sendirinya, tetapi anak-anak terkadang membutuhkan obat tetes atau gel antijamur.

Tentang sariawan

Merupakan infeksi jamur pada tenggorokan, lidah atau lapisan mulut. Dalam kasus yang buruk, itu bisa menyebar ke tenggorokan Sariawan mulut sebagian besar disebabkan oleh ragi jamur yang disebut Candida albicans . Kita semua memiliki ragi ini di dalam tubuh kita, dan sistem kekebalan kita menjaga keseimbangannya dengan bakteri dan jamur lain yang hidup di dalam tubuh kita. Jika keseimbangan terganggu, ragi dapat berkembang biak dan menyebabkan infeksi.

Hal-hal yang dapat mengganggu keseimbangan antara lain:

Gejala sariawan di mulut

Jika anak Anda menderita kandidiasis mulut, Anda mungkin memperhatikan adanya bintik-bintik putih dan bercak di lidah, pipi bagian dalam, bibir, gusi, atau langit-langit mulutnya. Tambalan ini tidak menular dengan tekanan lembut. Jika tambalan dihilangkan, mereka meninggalkan area yang meradang yang bisa berdarah.

Seorang anak dengan kandidiasis mulut mungkin juga mengalami retakan dan pembengkakan di sudut mulutnya. Mereka mungkin tidak bisa merasakan hal-hal sebaik biasanya.

Oral thrush umumnya tidak mengganggu bayi dan anak kecil . Tapi itu bisa menyebabkan iritasi jika area menjadi sangat meradang. Dalam hal ini, anak Anda mungkin tidak mau menyusu atau makan. Mereka mungkin juga ngiler. Dan jika infeksi menyebar ke pipa makanan anak Anda, itu bisa menyakitkan dan membuat mereka sulit menelan. 

Pencegahan sariawan mulut

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kandidiasis mulut:

  • Jika Anda memberi susu botol pada bayi Anda, sterilkan dot dan botol setelah digunakan.
  • Sterilkan empeng secara teratur.
  • Gunakan antibiotik hanya bila diperlukan dan diresepkan oleh dokter untuk anak Anda.
  • Jika anak Anda menderita asma , pastikan mereka mencuci mulutnya dengan air setelah minum obat pencegah asma.
  • Jika anak Anda menderita diabetes, usahakan untuk menjaga kadar gula darahnya dalam kisaran targetnya.

Perawatan sariawan di mulut

Jika anak Anda menderita kandidiasis mulut dan dinyatakan sehat, dokter umum Anda mungkin tidak perlu mengobati kandidiasis mulut. Itu akan hilang dengan sendirinya.

Tetapi jika bayi Anda mengalami kesulitan menyusu atau mudah tersinggung, dokter umum Anda mungkin akan meresepkan obat tetes antijamur atau gel oral , yang Anda gunakan setelah setiap menyusui atau makan selama 10 hari.

Kadang-kadang kandidiasis mulut bersamaan dengan kandidiasis di daerah popok, yang membutuhkan pengobatan pada saat yang bersamaan. Anda masih dapat menyusui jika anak Anda menderita kandidiasis mulut.  Ataupun dapat menggunakan plester sariawan dengan tujuan untuk menutup luka akibat sariawan sehingga terlindung dari benturan, gigitan ataupun faktor lainnya yang dapat memperlambat penyembuhan luka. Produk unggulan dari kami terkait plester sariawan adalah Curatick ™ Oral Wound Dressing. Produk ini dapat digunakan oleh anak yang sudah dapat diedukasi untuk tidak menelan plester. Keunggulan dari Curatick ™ Oral Wound Dressing diantaranya:

  1. Curatick ™ Oral Wound Dressing mengandung vitamin E yang menutrisi area luka sehingga proses penyembuhan akan menjadi lebih baik
  2. Terdapat kandungan mint flavour yang dapat mengurangi halitosis (bau mulut akibat sariawan/luka)
  3. Curatick ™ Oral Wound Dressing melindungi luka dari sentuhan, paparan asap rokok ataupun makanan
  4. Daya lekat hingga 4 jam membuat Curatick ™ Oral Wound Dressing nyaman digunakan
  5. Memberikan perlindungan pada sariawan, luka kecil pada mukosa mulut akibat pemasangan kawat gigi, gigi palsu yang tidak pas ataupun tidak sengaja tergigit
  6. Permukaan perekatCuratick ™ Oral Wound Dressing mudah untuk dilepaskan, tidak menimbulkan nyeri pada saat dilepaskan
  7. Plester Curatick ™ Oral Wound Dressing dapat melarut dalam air, nyaman pada saat digunakan

Dengan Curatick ™ Oral Wound Dressing, luka terlindungi dan proses penyembuhan menjadi lebih baik.

Referensi:

  1. Insert Pack Curatick™ Oral Wound Dressing,
  2. KidsHealth, Nemours (2017). For Parents. Canker Sores.
  3. Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/canker-sore/symptoms-causes/syc-20370615.
  4. Raising Child Australian Parenting Website. Oral Thrush Suitable for 0-8 Years.
Tag
Bagikan