image article
01-January-1970
MARI MULAI CEGAH PENYAKIT INFEKSI PERNAFASAN DARI SEKARANG

Dengan adanya peningkatan beberapa kasus infeksi saluran pernafasan di akhir tahun 2023 kerena beberapa faktor seperti bakteri, virus maupun reaksi aergi sangat penting bagi kita untuk mulai mencegahnya dengan cara membersihkan hidung dengan semprotan saline.

Infeksi saluran pernapasan adalah peradangan pada bagian saluran pernapasan yang dapat disebabkan oleh virus, bakteri, atau jamur. Gejalanya meliputi pilek, batuk, sakit tenggorokan, dan kesulitan bernapas. Pencegahan dilakukan dengan menjaga kebersihan, menghindari kontak dengan orang sakit, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jika gejala parah atau berkepanjangan, segera konsultasikan dengan profesional medis.

Karena maraknya penyakit perafasan di berbagai belahan dunia belakangan ini, seperti meningkatnya kasus covid-19 di Singapura ataupun undiagnosed pneumonia di China, menjaga Kesehatan saluran pernafaan adalah salah satu langkah tepat yang dapat kita lakukan. Salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan baik itu lingkungan maupun kebersihan pada saluran pernafasan khususnya hidung sebagai saluran pernafasan pertama.

Menjaga kebersihan saluran pernapasan, terutama hidung, memiliki sejumlah manfaat penting untuk kesehatan. Hidung berperan dalam menyaring udara yang kita hirup, menjaga kelembaban udara yang masuk ke paru-paru, dan membantu melawan infeksi dengan rambut halus dan lendir yang menjebak partikel berbahaya. Menjaga kebersihan hidung dengan mencuci tangan secara teratur, membersihkan hidung dengan lembut, dan menggunakan semprotan saline bisa membantu menjaga kebersihan dan kelembapan hidung, mencegah iritasi atau infeksi, serta membantu memperbaiki kesehatan saluran pernapasan.

Penyemprotan larutan saline sudah terbukti memiliki manfaat:

  1. Menghilangkan alergen, polutan, dan bakteri pada rongga hidung
  2. Meningkatkan sensitivitas indera penciuman
  3. Meningkatkan aktivitas silia hidung untuk meningkatkan efisiensi transportasi lapisan mukosa dalam membersihkan partikel pengotor
  4. Memperbaiki penyumbatan hidung dengan membantu melarutkan lendir di hidung

Salah satu produk terbaru dari Korea Selatan yaitu Luca V-Defense Nasal Spray dengan kandungan uatama Lambda Carrageenan dari alga yang memiliki manfaat sebagai antibakterial dan antiviral alami, produk ini dapat melindungi lapisan mukosa pada rongga hidung dari serangan virus, bakteri dan juga alergen.

Gambar 1. Luca V-Defense Nasal Spray

Dengan adanya lapisan antivakterial dan antiviral dari Lambda Carrageenan yang dapat bertahan selama 4-8 jam untuk mencegah bakteri, virus serta alargen yang dapat menginfeksi lapisan mukosa rongga hidung. Oleh karena itu produk ini dapat digunakan untuk langkah pencegahan terhadap penyakit Infeksi saluran pernapasan.

Infksi saluran pernafasan adalah masalah serius karena dapat menyebabkan komplikasi yang berbahaya jika tidak diobati dengan cepat dan tepat. Di Indonesia, seperti di tempat lain di dunia, pneumonia yang belum terdiagnosis dapat menjadi permasalahan kesehatan Masyarakat

 

Reference

  1. Kementerian Kesehatan Indonesia (2022). Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA)
  2. Weatherspoon, D. Healthline (2020). Acute Upper Respiratory Infection.
  3. Zhu, Z., et al. (2020). From SARS and MERS to COVID-19: A Brief Summary and Comparison of Severe Acute Respiratory Infections caused by Three Highly Pathogenic
Tag
Bagikan