image article
01-January-1970
ASIDOSIS LAKTAT, APA YANG PERLU ANDA KETAHUI?

Apa itu asidosis laktat?

Asidosis laktat adalah suatu bentuk asidosis metabolik yang dimulai ketika seseorang memproduksi asam laktat secara berlebihan atau produk metabolitnya kurang dimanfaatkan, dan tubuh mereka tidak dapat menyesuaikan diri dengan perubahan ini. Orang dengan asidosis laktat memiliki masalah fungsi organ hati mereka (dan terkadang ginjal mereka) mampu mengeluarkan kelebihan asam dari tubuh. Jika asam laktat menumpuk di dalam tubuh lebih cepat daripada yang bisa dihilangkan, tingkat keasaman dalam cairan tubuh seperti darah akan melonjak.

Penumpukan asam ini menyebabkan ketidakseimbangan pada tingkat pH tubuh, yang seharusnya selalu bersifat basa, bukan asam. Penumpukan asam laktat terjadi ketika tidak ada cukup oksigen di otot untuk memecah glukosa dan glikogen. Ini disebut metabolisme anaerobik.

Ada dua jenis asam laktat: L-laktat dan D-laktat. Sebagian besar bentuk asidosis laktat disebabkan oleh terlalu banyak L-laktat. Terdapat dua tipe asidosis laktat diantaranya:

  • Asidosis laktat tipe A disebabkan oleh hipoperfusi (kurangnya nutrisi) jaringan akibat gagal jantung, sepsis, atau henti jantung paru.
  • Asidosis laktat tipe B disebabkan oleh gangguan tingkat sel fungsi dan area lokal hipoperfusi jaringan.

Asidosis laktat memiliki banyak penyebab dan sering dapat diobati. Tetapi jika tidak ditangani, itu mungkin mengancam jiwa.

Apa gejala asidosis laktat?

Gejala asidosis laktat adalah tipikal dari banyak masalah kesehatan. Jika Anda mengalami salah satu gejala ini, Anda harus segera menghubungi dokter. Dokter dapat membantu menentukan akar penyebabnya. Beberapa gejala umum asidosis laktat merupakan keadaan darurat medis diantaranya napas berbau buah (kemungkinan indikasi komplikasi serius diabetes, disebut ketoasidosis), tampak kebingungan, penyakit kuning (menguningnya kulit atau bagian putih mata), kesulitan bernapas, pernapasan cepat.

Jika Anda tahu atau curiga bahwa Anda menderita asidosis laktat dan memiliki gejala-gejala ini, segera pergi ke ruang gawat darurat. Gejala asidosis laktat lainnya termasuk kelelahan atau kelelahan ekstrim, kram otot atau nyeri, tubuh lemah, secara keseluruhan perasaan tidak nyaman secara fisik, sakit perut atau ketidaknyamanan, diare, penurunan nafsu makan dan sakit kepala.

Apa penyebab asidosis laktat?

Asidosis laktat memiliki banyak penyebab yang mendasari, termasuk keracunan karbon monoksida, kolera, malaria dan sesak napas. Beberapa penyebab umum diantaranya:

  1. Penyakit jantung, kondisi seperti arteri jantung dan gagal jantung kongestif yang dapat mengurangi aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Ini bisa meningkatkan kadar asam laktat.
  2. Infeksi parah (sepsis), semua jenis infeksi virus atau bakteri yang parah dapat menyebabkan sepsis. Orang dengan sepsis mungkin mengalami lonjakan asam laktat, yang disebabkan oleh berkurangnya aliran oksigen.
  3. HIV, obat HIV, seperti Nucleoside Reverse Transcriptase Inhibitor (NRTI), dapat meningkatkan kadar asam laktat. Mereka juga dapat menyebabkan kerusakan hati. Ini membuat tubuh lebih sulit untuk memproses laktat.
  4. Kanker, sel kanker menghasilkan asam laktat. Penumpukan asam laktat ini dapat meningkat seiring dengan penurunan berat badan dan perkembangan penyakit.
  5. Sindrom usus pendek atau short bowel syndrome,meskipun jarang orang dengan usus pendek mungkin mengalami penumpukan asam D-laktat, yang disebabkan oleh pertumbuhan bakteri yang berlebihan di usus kecil. Orang yang pernah menjalani operasi bypass lambung juga mungkin mengalami asidosis D-laktat.
  6. Penggunaan obat golongan asetaminofen (Parasetamol) yang terus menerus dapat menyebabkan asidosis laktat, bahkan bila diminum dengan dosis yang benar. Ini karena bisa menyebabkan penumpukan asam piroglutamat di dalam darah.
  7. Alkoholisme kronis, meminum alkohol secara berlebihan dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan asidosis laktat dan ketoasidosis alkoholik. Ketoasidosis alkoholik adalah kondisi yang berpotensi fatal jika tidak ditangani, tetapi dapat diatasi dengan hidrasi dan glukosa intravena (IV). Alkohol meningkatkan kadar fosfat, yang berdampak negatif pada ginjal. Ini membuat pH tubuh lebih asam. Olahraga atau aktivitas fisik yang intens . Penumpukan sementara asam laktat dapat disebabkan oleh olahraga berat jika tubuh Anda tidak memiliki cukup oksigen untuk memecah glukosa dalam darah. Hal ini dapat menyebabkan rasa terbakar pada kelompok otot yang Anda gunakan. Itu juga bisa menyebabkan mual dan kelemahan.

Hubungan antara asidosis laktat dan diabetes

Kelas khusus oral pengobatan diabetes seperti biguanida, dapat menyebabkan penumpukan kadar asam laktat. Metformin adalah salah satu obat ini. Metformin digunakan untuk mengobati diabetes dan mungkin juga diresepkan untuk kondisi lain, seperti kelemahan fungsi ginjal. Metformin juga digunakan di luar label untuk mengobati sindrom ovarium polikistik (PCOS). Pada penderita diabetes, asidosis laktat mungkin lebih menjadi perhatian jika ada penyakit ginjal juga.

Bagaimana cara mendiagnosisnya asidosis laktat?

Asidosis laktat didiagnosis melalui tes darah. Dokter mungkin menginstruksikan Anda untuk puasa (termasuk minum) selama 8 hingga 10 jam sebelum mengikuti tes. Anda mungkin juga diinstruksikan untuk membatasi tingkat aktivitas Anda pada jam-jam menjelang pemeriksaan.

Selama tes, dokter mungkin memberi tahu Anda untuk tidak mengepalkan tangan, karena ini dapat meningkatkan kadar asam secara artifisial. Mengikat pita elastis di sekitar lengan juga bisa menyebabkan hal ini. Untuk alasan ini, tes darah asidosis laktat terkadang dilakukan dengan menemukan pembuluh darah di punggung tangan, bukan di lengan.

Apa saja pilihan pengobatan asidosis laktat?

Cara terbaik untuk mengobati asidosis laktat adalah dengan mengobati akar penyebabnya. Oleh karena itu, perawatannya berbeda-beda. Asidosis laktat terkadang merupakan keadaan darurat medis. Ini membutuhkan pengobatan gejala, terlepas dari akar penyebabnya. Meningkatkan oksigen ke jaringan dan pemberian cairan infus sering digunakan untuk menurunkan kadar asam laktat.

Asidosis laktat yang disebabkan oleh olahraga dapat diobati di rumah. Menghentikan apa yang Anda lakukan untuk menghidrasi dan istirahat, seringkali membantu. Minuman olahraga pengganti, seperti minuman elektrolit, membantu hidrasi, tetapi tetap, bahwa air biasanya paling baik.

Bagaimana prognosis penyakit kedepannya?

Berdasarkan akar penyebabnya, pengobatan untuk asidosis laktat sering kali menghasilkan pemulihan penuh, terutama jika pengobatan segera dilakukan. Terkadang, gagal ginjal atau gagal nafas bisa terjadi. Jika tidak diobati, asidosis laktat bisa berakibat fatal.

Bagaimana mencegah terjadinya asidosis laktat?

Pencegahan asidosis laktat juga ditentukan oleh penyebabnya potensinya. Jika Anda menderita diabetes, HIV atau kanker, diskusikan kondisi Anda dan obat yang Anda butuhkan dengan dokter Anda. Asidosis laktat dari olahraga dapat dicegah dengan tetap terhidrasi dan menyediakan diri Anda waktu istirahat yang lama di antara sesi olahraga.

Bagaimana pengukuran praktis kadar laktat dalam darah?

Pengukuran kadar asam laktat sebagai bagian dari pengawasan kasus asidosis laktat, dapat dengan mudah dilakukan secara mandiri dan praktis dengan alat POCT (Point of Care Test) yang dapat diandalkan dalam pemeriksaan profil asam laktat dalam darah, yaitu THE EDGE™ Blood Lactate Monitoring System. THE EDGE™ Blood Lactate Monitoring System dapat digunakan oleh orang yang dengan diabetes mellitus dan komplikasinya, asma, sepsis serta penyakit paru obstruksi kronis. Namun, juga dapat digunakan oleh orang sehat yang ingin melakukan pemantauan profil asam laktat setelah berolahraga. Sehingga THE EDGE™ Blood Lactate Monitoring System juga cocok digunakan oleh atlet dan pelatih untuk menilai secara akurat kemampuan otot untuk performa seorang atlet profesional dalam bertujuan meningkatkan performa sesuai target yang diharapkan. Berikut ini merupakan fitur dan keunggulan dari THE EDGE™ Blood Lactate Monitoring System

  1. Rentang ukurnya lebar yaitu 6~200 mg/dL (0.7~22.2 mmol/L). Dengan rentang ukur lebar, maka THE EDGE™ Blood Lactate Monitoring System akan sangat mempermudah monitoring profil asam laktat dalam darah baik dalam kondisi yang rendah maupun tinggi.
  2. Waktu pengukuran 45 detik. THE EDGE™ Blood Lactate Monitoring System dapat melakukan pembacaan profil asam laktat dalam darah dengan waktu yang sangat singkat, sehingga penentuan tindakan selanjutnya dapat ditentukan dengan waktu yang efisien.
  3. Sampel volume 3µL whole blood. Dengan jumlah sampel yang sangat sedikit dan menggunakan sel darah utuh (whole blood), THE EDGE™ Blood Lactate Monitoring System sudah dapat memperlihatkan profil asam laktat dalam darah dengan akurat, sehingga artinya meminimalkan resiko nyeri berlebih dalam pengumpulan sampel uji darah.

Dengan informasi fitur dan keunggulan diatas,  maka harapannya mempermudah kita menentukan alat ukur kadar laktat dalam darah dengan THE EDGE™ Blood Lactate Monitoring System.

Referensi :

  1. Andersen LW, dkk. (2013). Etiologi dan pendekatan terapeutik untuk peningkatan laktat. 
  2. Foroutan R. (2016). Diet alkali: Apakah pH mempengaruhi kesehatan dan kebugaran?
  3. Fulop M. (1989). Alkoholisme, ketoasidosis, dan asidosis laktat.
  4. Gunnerson K. (nd). Asidosis metabolik yang diinduksi oleh toksin. 
  5. Gupta K. (2016). Asam laktat yang dihasilkan kanker: Pendekatan terapi baru. 
  6. Higgins C. (2011). L-laktat dan D-laktat - Signifikansi klinis dari perbedaan tersebut. 
  7. Insert Page THE EDGE™ Blood Lactate Monitoring System by Apexbio.
  8. Lipska KJ, dkk. (2011). Penggunaan metformin dalam pengaturan insufisiensi ginjal ringan sampai sedang. 
  9. McGregor A, dkk. (2012). Asidosis metabolik akibat paracetamol (acetaminophen). 
  10. Staf Mayo Clinic. (2018). Ketoasidosis diabetik. 
  11. Puwanant M, dkk. (2005). Asidosis D-laktat berulang pada anak dengan sindrom usus pendek.
Tag
Bagikan