image article
01-January-1970
KESEHATAN MULUT: GAMBARAN KESEHATAN ANDA SECARA KESELURUHAN

Tahukah Anda bahwa kesehatan mulut Anda memberikan petunjuk tentang kesehatan Anda secara keseluruhan atau bahwa masalah di mulut Anda dapat memengaruhi bagian tubuh lainnya? Lindungi diri Anda dengan mempelajari lebih lanjut tentang hubungan antara kesehatan mulut dan kesehatan secara keseluruhan.

Apa hubungan antara kesehatan mulut dan kesehatan secara keseluruhan?

Seperti area tubuh lainnya, mulut Anda penuh dengan bakteri sebagian besar tidak berbahaya. Tapi mulut Anda adalah pintu masuk ke saluran pencernaan dan pernapasan Anda, dan beberapa bakteri ini dapat menyebabkan penyakit. Biasanya pertahanan alami tubuh dan perawatan kesehatan mulut yang baik, seperti menyikat gigi dan flossing setiap hari, menjaga bakteri tetap terkendali. Namun, tanpa kebersihan mulut yang tepat, bakteri dapat mencapai tingkat yang dapat menyebabkan infeksi mulut, seperti kerusakan gigi dan penyakit gusi.

Juga, obat-obatan tertentu seperti dekongestan, antihistamin, obat penghilang rasa sakit, diuretik dan antidepresan dapat mengurangi aliran air liur. Air liur membersihkan makanan dan menetralkan asam yang diproduksi oleh bakteri di mulut, membantu melindungi Anda dari mikroba yang berkembang biak dan menyebabkan penyakit. Studi menunjukkan bahwa bakteri mulut dan peradangan yang terkait dengan bentuk penyakit gusi yang parah (periodontitis) mungkin berperan dalam beberapa penyakit. Dan penyakit tertentu, seperti diabetes dan HIV/AIDS, dapat menurunkan daya tahan tubuh terhadap infeksi, membuat masalah kesehatan mulut semakin parah.

Kondisi apa yang dapat dikaitkan dengan kesehatan mulut?

Kesehatan mulut Anda mungkin berkontribusi terhadap berbagai penyakit dan kondisi, termasuk:

  • Endokarditis. Infeksi pada lapisan dalam bilik atau katup jantung (endokardium) ini biasanya terjadi ketika bakteri atau kuman lain dari bagian lain tubuh Anda, seperti mulut, menyebar melalui aliran darah dan menempel pada area tertentu di jantung Anda.
  • Komplikasi kehamilan dan kelahiran. Periodontitis telah dikaitkan dengan kelahiran prematur dan berat badan lahir rendah.
  • Radang paru-paru. Bakteri tertentu di mulut Anda dapat ditarik ke paru-paru Anda, menyebabkan pneumonia dan penyakit pernapasan lainnya.

Kondisi tertentu juga dapat memengaruhi kesehatan mulut Anda, termasuk:

  • Diabetes. Dengan mengurangi daya tahan tubuh terhadap infeksi, diabetes menempatkan gusi Anda pada risiko. Penyakit gusi tampaknya lebih sering dan parah di antara orang-orang yang menderita diabetes. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki penyakit gusi lebih sulit mengontrol kadar gula darahnya. Perawatan periodontal secara teratur dapat meningkatkan kontrol diabetes.

  • HIV/AIDS. Masalah mulut, seperti lesi mukosa yang menyakitkan, sering terjadi pada orang yang mengidap HIV/AIDS.

  • Osteoporosis. Penyakit pelemahan tulang ini terkait dengan kehilangan tulang periodontal dan kehilangan gigi. Obat-obatan tertentu yang digunakan untuk mengobati osteoporosis membawa risiko kecil kerusakan pada tulang rahang.

Apa yang Dapat Dilakukan Orang Dewasa untuk Menjaga Kesehatan Mulut yang Baik?

Anda dapat menjaga gigi Anda untuk seumur hidup Anda. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi yang kuat.

  • Minum air berfluoride dan sikat dengan pasta gigi berfluoride.
  • Latih kebersihan mulut yang baik. Sikat gigi secara menyeluruh dua kali sehari dan benang setiap hari di antara gigi untuk menghilangkan plak gigi.
  • Kunjungi dokter gigi Anda setidaknya setahun sekali, bahkan jika Anda tidak memiliki gigi asli atau memiliki gigi palsu.
  • Jangan gunakan produk tembakau apa pun. Jika Anda merokok, berhentilah.
  • Batasi minuman beralkohol.
  • Jika Anda menderita diabetes, bekerjalah untuk mempertahankan kontrol penyakit. Ini akan mengurangi risiko komplikasi lain, termasuk penyakit gusi. Mengobati penyakit gusi dapat membantu menurunkan kadar gula darah Anda.
  • Jika obat Anda menyebabkan mulut kering, tanyakan kepada dokter Anda obat lain yang mungkin tidak menyebabkan kondisi ini. Jika mulut kering tidak dapat dihindari, minumlah banyak air, kunyah permen karet tanpa gula, dan hindari produk tembakau dan alkohol.
  • Temui dokter atau dokter gigi Anda jika Anda mengalami perubahan rasa dan bau yang tiba-tiba.
  • Saat bertindak sebagai pengasuh, bantulah orang yang lebih tua menyikat dan menggunakan benang gigi jika mereka tidak dapat melakukan aktivitas ini secara mandiri.
  • Mencegah dan mengatasi masalah mulut yang umum muncul untuk timbul seperti sariawan: 

    Saat ini obat terkait sariawan mengalami beberapa evolusi terkait jenisnya dan diantaranya untuk Update Alternatif Obat Topikal untuk Oral Ulcer terdapat plester sariawan yang memiliki daya lekat yang jauh lebih baik serta bahan yang nyaman saat digunakan sehingga dapat menempel lebih lama dan memberikan perlindungan optimal untuk menutupi sariawan dan penyembuhan secara natural akan terjadi jauh lebih baik. Produk yang diperkenalkan adalah Curatick Oral Wound Dressing plester dengan diameter 12 mm dengan kemasan yang dikemas satuan dan setiap box berisi 10 pcs plester. Curatick Oral Wound Dressing merupakan plester yang nyaman untuk digunakan karena prinsip kerjanya adalah membentuk gel pada saat ditempelkan dan bersentuhan dengan luka dan juga memiliki sensasi light mint yang menyegarkan mulut dan mengurangi halitosis (bau mulut) yang terjadi akibat sariawan, kandungan sukrosa yang terdapat dalam plester Curatick Oral Wound Dressing juga menambahkan sensasi manis yang tipis dan aman bagi penderita diabetes, sehingga produk ini nyaman untuk digunakan. Karena produk ini tidak mengandung bahan obat, maka dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing penggunanya.

     

Untuk saat ini, plester Curatick Oral Wound Dressing bisa anda peroleh di marketplace kami:

  1. Shopee: https://shopee.co.id/isotekindo98
  2. Tokopedia: https://www.tokopedia.com/isotekindo
  3. Website: https://www.isotekindo.co.id
  4. Century Apotek

Referensi:

  1. CDC (2022).Oral Health Tips
  2. Insert Pack Curatick™ Oral Wound Dressing
  3. Mayo Clinic (2022).  Healthy Adult Health
Tags
Share