image article
2020-09-16
Berbahaya! Aneka penyakit bisa didapat akibat kualitas udara buruk dalam ruang tertutup
Saat ini banyak penyakit yang berhubungan dengan kualitas udara, baik penyakit ringan hingga penyakit yang berat sekalipun seperti ISPA, TBC, Pneumonia, Covid-19 bahkan kanker. Menurut data, terdapat hampir 90% masyarakat yang tinggal diperkotaan, lebih sering menghabiskan waktunya didalam ruangan tertutup baik itu untuk bekerja, belajar, istirahat, maupun berdiskusi. Oleh karena itu, saat ini perlu dipikirkan bagaimana cara menciptakan udara yang sehat sehingga dapat terhindar dari penyakit-penyakit yang disebabkan oleh udara tersebut. WHO merekomendasikan penggunaan teknologi UltaViolet Germicidal Irradiation (UVGI) seperti OXIRA tipe XG yang dapat dipergunakan masyarakat umum dalam ruang tertutup. Oxira tipe XG terbukti efektif meredam daya infeksius mikroorganisme sampai 85%.
image article
2020-02-27
Demam Tifoid
Salmonella typhi (S. typhi) adalah salah satu bakteri Gram Negatif yang merupakan kuman pathogen penyebab demam tifoid, yaitu suatu penyakit infeksi sistemik dengan gambaran demam yang berlangsung lama, adanya bacteremia disertai inflamasi yang dapat merusak usus dan organ-organ hati.
image article
2019-12-20
Mendeteksi Penyalahgunaan Narkoba
Penyalahgunaan narkoba di Indonesia merupakan kasus yang semakin hari semakin meningkat. Sepanjang tahun 2017, BNN telah mengungkap 46.537 kasus narkoba diseluruh wilayah Indonesia (Fitang, 2017).