image article
01-January-1970
SITOLOGI ASPIRASI JARUM HALUS (FNAC)

Sitologi aspirasi jarum halus (FNAC) memerlukan penggunaan jarum pengukur sempit (25-22G) untuk mengumpulkan sampel lesi untuk pemeriksaan mikroskopis.

Apa itu FNAC?

Sitologi aspirasi jarum halus (FNAC) digunakan untuk mengambil sel dari nodul yang teraba di organ atau jaringan. Tujuan dari pemeriksaan ini adalah untuk mengkategorikan jenis lesi yang bertanggung jawab atas terjadinya.

Bagaimana FNAC dilakukan?

Sel dipanen dengan aspirasi , menggunakan jarum tipis yang dipasang pada semprit dan ditempatkan di pegangan khusus, sehingga lebih mudah untuk bermanuver.

FNAC dilakukan oleh ahli patologi anatomi dibantu oleh teknisi patologi anatomi. Idealnya dilakukan dengan pasien berbaring dan tidak memerlukan anestesi.Dalam beberapa kasus, semprotan anestesi topikal dapat digunakan. Tesnya sangat mudah . Sebagian besar pasien hanya mengalami ketidaknyamanan ringan, sebanding dengan suntikan, selama prosedur.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan FNAC?

FNAC hanya membutuhkan beberapa menit untuk dijalankan. Satu tusukan biasanya cukup untuk memanen bahan yang cukup untuk analisis, tetapi dalam beberapa kasus dua tusukan atau lebih mungkin diperlukan. Penilaian singkat sampel dilakukan selama prosedur, tetapi dalam beberapa kasus lebih banyak sel mungkin perlu diperoleh untuk mencapai kesimpulan diagnostik.

Apakah ada persiapan yang diperlukan?

Tidak diperlukan persiapan untuk melakukan FNAC. Seharusnya tidak dilakukan dengan perut kosong . Setelah pemeriksaan, pasien dapat melanjutkan aktivitas normal.

Apakah ada alat yang dapat mempermudah preparasi sitologi aspirasi jarum halus?

Tes diagnostik kanker dasar seperti USG, X-ray, sitologi, dan kemampuan biopsi harus tersedia di tingkat perawatan sekunder, dan juga tersedia di tingkat perawatan primer di mana sumber daya memungkinkan, untuk berhasil menerapkan program diagnosis dini kanker.

Produk unggulan dari PT ISOTEKINDO INTERTAMA terkait adalah  CY-PREP ™ CY-100 Processor yang dilengkapi beberapa komponen untuk melakukan skrining diantaranya:

  1. Media cair untuk menampung, transportasi dan mengawetkan sampel uji menggunakan CY-PREP ™ Pap Test Preservation Solution

Keuntungan:

    • Melindungi sampel, tahan selama 3 minggu pada suhu ruang (15-30 °C). Sampel aman dari kekeringan & kerusakan
    • Meminimalkan resiko sampel yang penting tertinggal di alat pengambilan sampel
    • Menampung semua sampel serviks sehingga semua sel-sel sampel dapat diperiksa
    • Menyediakan cukup sampel pemeriksaan sehingga pasien tidak perlu lagi melakukan pengambilan sampel ulang untuk tes lanjutan
  1. Menisahkan material target pemeriksaan dari lender dan kotoran menggunakan dual filter.

Keuntungan:

    • Membuat preparate selapis tipis
    • Sel – sel menjadi lebih jelas saat diperiksa karena proses pewarnaan sel menjadi lebih sempurna dan melekat lebih baik

    3. Kaca slide untuk penempelan sampel menggunakan IHC link glass slide

Keuntungan:

    • Terdapat area untuk penulisan ID Pasien, sehingga menjamin ketepatan data pasien
    • Kualitas baca lebih baik karena IHC link glass slide bermuatan positif sehingga penempelan sel-sel lebih baik

 

Referensi:

  1. Brown LA, Coghill SB. Cost-effectiveness of a fine needle aspiration clinic. Cytopathology 1992;3: 275-80
  2. Britton PD. Fine needle aspiration or core biopsy. Breast 1999;8: 1-4
  3. Hospital Da Luz (2019). Fine needle aspiration cytology (FNAC)
  4. Insert Pack CY-Prep 100 Processor

 

Tag
Bagikan