image article
01-January-1970
MENGENAL ANOSMIA PADA COVID-19

Tanda dan gejala penyakit coronavirus 2019 (COVID-19) dapat muncul 2 hingga 14 hari setelah terpapar. Gejala awal COVID-19 mungkin termasuk kehilangan rasa atau penciuman, atau juga dikenal sebagai anosmia. Istilah "anosmia" mengacu pada hilangnya total indera penciuman. Kondisi ini mempengaruhi kemampuan Anda untuk mendeteksi bau.

Coronavirus adalah keluarga virus yang dapat menyebabkan penyakit seperti flu biasa, Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) dan Middle East Respiratory Syndrome (MERS). Virus ini dikenal sebagai Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2). Penyakit yang ditimbulkan disebut Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Pada Maret 2020, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan wabah COVID-19 sebagai pandemi.

Tanda dan gejala penyakit coronavirus 2019 (COVID-19) dapat muncul 2 hingga 14 hari setelah terpapar. Waktu ini setelah terpapar dan sebelum memiliki gejala disebut masa inkubasi. Tanda dan gejala umum dapat berupa demam, batuk, kelelahan. Gejala awal COVID-19 mungkin termasuk kehilangan rasa atau penciuman, atau juga dikenal sebagai anosmia.

Istilah "anosmia" mengacu pada hilangnya total indera penciuman. Kondisi ini mempengaruhi kemampuan Anda untuk mendeteksi bau. Orang dengan anosmia dapat kehilangan indra penciumannya secara bertahap atau tiba-tiba. Anda mungkin memperhatikan bahwa aroma yang sudah dikenal berbau berbeda sebelum Anda benar-benar kehilangan penciuman.

Beberapa orang yang menderita COVID-19 mungkin kehilangan indera perasa atau penciuman, atau sensasi rasa. Hilangnya indera perasa atau penciuman merupakan ciri khas COVID-19 karena virus SARS-CoV-2 menginfeksi jaringan yang membentuk lapisan di dalam hidung. Virus telah menargetkan sel-sel tertentu di hidung yang mendukung sel-sel saraf. Sel-sel saraf tersebut mendeteksi bau dan mengirimkan informasi itu ke otak. Kerusakan pada sel-sel pendukung ini dapat menyebabkan hilangnya bau atau rasa yang dapat berlanjut selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan karena sel-sel ini memperbaiki diri atau digantikan oleh sel-sel baru. Selama masa pemulihan, beberapa bau mungkin berbeda—bahkan terkadang tidak menyenangkan atau busuk—dari yang diingat orang sebelum terinfeksi.

Oleh karena itu, pasien yang merasakan hal ini harus mengisolasi diri dan tetap mewaspadai terjadinya gejala lain yang mengindikasikan adanya infeksi, selama menjalani tes skrining COVID-19.

PT Isotekindo Intertama adalah distributor resmi untuk AccuTell® SARS-CoV-2 Ag Cassette (Nasofaringeal Swab). Produk ini digunakan untuk tes rapid kromatografi immunoassay untuk deteksi kualitatif adanya antigen terkait protein nukleokapsid SARS-CoV-2 pada sampel pasien berupa usap nasofaring, memudahkan pengguna untuk membaca hasil pemeriksaan melalui warna garis yang terbentuk.

AccuTell® SARS-CoV-2 Ag Cassette (Nasofaringeal Swab) praktis dan nyaman untuk pasien karena tidak invasif (tidak melukai) dimana bahan dan bentuk swab nasofaring sesuai rekomendasi WHO. Selain itu, produk ini tidak memerlukan alat dan bahan tambahan khusus saat digunakan.

Hasil dapat diinterpretasikan dalam 10 menit (singkat), sehingga pengguna dapat menentukan tindakan segera selanjutnya dengan mengacu pada hasil yang muncul. Hasil positif jika kaset uji menunjukkan 2 baris di kolom C & T, negatif jika hanya 1 baris di kolom C, dan hasil tidak valid jika 1 baris di kolom T atau tidak ada sama sekali. Jika mendapatkan hasil positif, disarankan untuk segera berobat ke klinik kesehatan masyarakat untuk mendapatkan penanganan terkait COVID-19.

Untuk anosmia, sebagian besar waktu, gejala bersifat sementara dan sembuh dengan sendirinya dalam waktu singkat. Penelitian saat ini telah menentukan bahwa COVID-19 dapat menyebabkan disfungsi penciuman, tetapi tidak menyebabkan anosmia permanen. Orang yang memiliki anosmia sebagai efek samping COVID-19 biasanya mendapatkan kembali indra penciumannya dalam waktu sekitar dua hingga tiga minggu. Ini adalah perkiraan; waktu pemulihan dapat bervariasi.

Referensi:

  1. Mayo Clinic. (2022). Coronavirus disease 2019.
  2. National Institute of Neurological Disorders and Stroke. (2022). Coronavirus and the Nervous System.
  3. WebMD. (2021). What Is Anosmia? 
  4. Cleveland Clinic. (2021). Anosmia (Loss of Sense of Smell) 
Tag
Bagikan