image article
17 February 2021
SEBERAPA PENTINGKAH KUALITAS PRODUK DAN METODE SWAB DALAM PENGAMBILAN SAMPLE UNTUK PCR?
Pengambilan sampel secara swab sangat populer saat ini, khususnya dalam diagnosa COVID-19 yang menggunakan PCR. Namun sebenarnya pengambilan sampel secara swab tidak hanya untuk kasus COVID-19 saja, melainkan juga untuk berbagai jenis virus maupun mikroorganisme lain di berbagai lokasi pengambilan misalnya dari rongga mulut, rongga hidung bahkan anus.
image article
26 January 2021
JENIS RAPID TEST COVID - 19 DAN KRITERIA PRODUK YANG BAIK
Berbagai cara untuk penegakan diagnosa penyakit COVID-19, dimana PCR sebagai gold standard. Namun, saat ini diperlukan pemeriksaan yang lebih cepat tetapi tetap akurat. Saat ini, terdapat dua jenis rapid test yang dapat digunakan untuk mendeteksi keberadaan virus corona (SARS-CoV-2) di dalam tubuh manusia yaitu rapid test COVID-19 antigen dan rapid test COVID-19 antibodi
image article
25 January 2021
COVID - 19 : TES MOLEKULAR PCR SEBAGAI METODE DIAGNOSIS "GOLD STANDARD"
COVID-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh virus korona baru yang disebut SARS-CoV-2. WHO pertama kali mengetahui virus baru ini pada 31 Desember 2019, menyusul laporan sekelompok kasus 'virus pneumonia' di Wuhan, Republik Rakyat Cina. Dalam kebanyakan situasi, uji molekuler digunakan untuk mendeteksi SARS-CoV-2 dan memastikan infeksi. Polymerase chain reaction (PCR) adalah tes molekuler yang paling umum digunakan. Sampel diambil dari hidung dan/atau tenggorokan dengan swab. Tes molekuler mendeteksi virus dalam sampel dengan memperkuat materi genetik virus ke tingkat yang dapat dideteksi. Untuk alasan ini, tes molekuler digunakan untuk memastikan infeksi aktif, biasanya dalam beberapa hari setelah terpapar dan sekitar waktu gejala mulai.