image article
20063/ART/ARN/I/2024 23 January 2024
TABIR RAHASIA DISINFEKTAN: MENJAGA KESEHATAN ATAU MEMBAHAYAKAN?
Infeksi yang terkait dengan pelayanan kesehatan (HAIs) merupakan ancaman signifikan bagi pasien, tenaga kesehatan, dan pengunjung. Penggunaan disinfektan yang aman memainkan peran sentral dalam mencegah infeksi di fasilitas kesehatan.
image article
20057/ART/ARN/XI/2023 01 November 2023
DISINFEKSI MENGGUNAKAN ALKOHOL VS UMONIUM38
Di fasilitas kesehatan, prosedur bedah dan bahkan prosedur medis yang lebih invasif dilakukan setiap hari. Disinfeksi dan sterilisasi sangat penting untuk memastikan bahwa instrumen medis dan bedah tidak menularkan patogen menular kepada pasien. Kegagalan dalam mendisinfeksi atau mensterilkan peralatan dengan benar, dapat menyebabkan infeksi, kerusakan peralatan yang berujung pada pemborosan biaya.
image article
20046/ART/ARN/VI/2023 05 June 2023
MANFAAT KEMASAN PRODUK YANG ECO-FRIENDLY
Kemasan produk ada di mana-mana. Jumlah plastik dan bahan non-alami lainnya yang digunakan untuk mengemas produk, dapat menyebabkan masalah lingkungan seperti limbah dan polusi. Namun, terdapat alternatif dari permasalahan ini: kemasan ramah lingkungan (eco-friendly).
image article
20042/ART/ARN/V/2023 18 May 2023
BISAKAH VAKSIN MELAWAN HIV?
Vaksin mencegah atau mengendalikan infeksi tertentu dengan melatih sistem kekebalan tubuh untuk melawannya. Selama bertahun-tahun, para ilmuwan telah membuat vaksin untuk berbagai penyakit seperti polio, influenza, dan cacar. Meskipun sudah puluhan tahun sejak ditemukannya virus, namun vaksin untuk HIV masih belum ditemukan, karena proses perkembangannya membutuhkan waktu yang panjang.
image article
20039/ART/ARN/IV/2023 22 April 2023
LIMBAH MEDIS DAN PENGARUHNYA TERHADAP KESEHATAN LINGKUNGAN
Kegiatan pelayanan kesehatan dapat melindungi dan memulihkan kesehatan serta menyelamatkan nyawa. Tetapi limbah dari layanan kesehatan dapat mengandung mikroorganisme yang berpotensi berbahaya yang dapat menginfeksi pasien rumah sakit, petugas kesehatan, dan masyarakat umum. Pengelolaan limbah layanan kesehatan yang baik dapat mencegah dampak yang merugikan bagi kesehatan manusia dan lingkungan.
image article
20033/ART/ARN/II/2023 12 February 2023
APA REKOMENDASI TERBARU UNTUK VAKSINASI HEPATITIS B?
Pada pertemuan yang diadakan pada 2–3 November 2021, Komite Penasehat Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) tentang Praktik Imunisasi, meninjau rekomendasinya tentang vaksin untuk penyakit menular. Dalam pertemuan ini, panitia merevisi pedoman rekomendasi vaksin hepatitis B untuk melindungi lebih banyak orang dari dampak infeksi virus hepatitis B.
image article
20032/ART/ARN/XI/2022 20 December 2022
3 JENIS PEMERIKSAAN MEDIS UNTUK DETEKSI HIV
HIV merupakan penyakit Infeksi Menular Seksual (IMS) yang disebabkan oleh virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Pengobatan dapat mengendalikan infeksi dan mencegah perkembangan penyakit dan dengan didiagnosis lebih awal berarti Anda dapat segera memulai terapi. Simak artikel ini untuk mengetahui 3 jenis pemeriksaan medis untuk deteksi HIV.
image article
20029/ART/ARN/XI/2022 12 November 2022
HARI KESEHATAN NASIONAL 2022
Hari Kesehatan Nasional diperingati setiap tanggal 12 November setiap tahun. Setiap orang dapat berperan dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan, PT Isotekindo juga tak ketinggalan berperan dalam peningkatan kesadaran kesehatan dengan menyediakan berbagai jenis alat kesehatan yang dapat digunakan untuk pemakaian pribadi maupun dipakai di fasilitas kesehatan.
image article
20031/ART/ARN/XI/2022 12 November 2022
MARI MENGENAL PNEUMONIA
Pneumonia adalah infeksi yang menyebabkan peradangan pada kantung udara di salah satu atau kedua paru-paru. Tanda & gejala pneumonia dapat bervariasi, tergantung dari tingkat keparahan dan juga faktor penyebabnya. Menggunakan disinfektan udara dengan teknologi UVGI seperti OXIRA dapat menjadi solusi untuk menghindari infeksi pneumonia.
image article
20028/ART/ARN/X/2022 28 October 2022
TIPS MENJAGA KEBERSIHAN UNTUK CEGAH PENULARAN HEPATITIS
Penyakit hepatitis merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyerang sel-sel hati manusia. Penyakit ini erat kaitannya dengan sanitasi yang tidak memadai dan kebersihan pribadi yang buruk. Penyakit hepatitis dapat mengakibatkan terjadinya permasalahan kesehatan masyarakat yang dapat meluas dan dapat menimbulkan Kejadian Luar Biasa.
image article
200022/ART/ARN/IX/2022 04 September 2022
PENTINGNYA VAKSIN HEPATITIS B
Vaksinasi hepatitis B diindikasikan untuk mencegah infeksi aktif virus hepatitis B, yang dapat menyebabkan gagal hati kronis dan karsinoma hepatoseluler. Vaksin ini tidak hanya khusus untuk orang dewasa, anak-anak juga dianjurkan untuk mendapatkan vaksin ini sejak usia dini. WHO (World Health Organization) juga merekomendasikan agar vaksin ini diberikan kepada bayi dalam waktu 24 jam setelah lahir.
image article
200018/ART/ARN/V/2022 30 May 2022
WABAH HEPATITIS MEMATIKAN 2022
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan Kejadian Luar Biasa pada temuan kasus hepatitis akut yang menjangkit anak-anak di 12 negara di Eropa, Amerika, dan juga Asia sejak 15 April 2022. Kementerian Kesehatan Indonesia juga turut menginvestigasi penyebab kejadian hepatitis akut ini. Selama masa investigasi masyarakat diimbau untuk tetap menjaga protokol kesehatan.
image article
200017/ART/ARN/V/2022 18 May 2022
APAKAH ADA VAKSIN UNTUK HIV?
National Institute of Allergy and Infectious Disease (NIAID) merupakan badan Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Amerika Serikat yang pertama kali menginisiasi “Hari Kesadaran Vaksin HIV” untuk diperingati setiap tanggal 18 Mei. Acara ini merupakan kesempatan untuk mengenali sukarelawan, anggota masyarakat, profesional kesehatan, dan ilmuwan yang bekerja sama untuk menemukan vaksin yang aman dan efektif untuk mencegah HIV. Hari peringatan ini juga dimanfaatkan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya penelitian vaksin HIV.