image article
20061/ART/ARN/XI/2023 30 November 2023
PENGARUH KUALITAS UDARA TERHADAP KANKER PARU-PARU
Salah satu dampak serius dari paparan udara yang tercemar adalah peningkatan risiko terkena kanker paru-paru. Partikel kecil yang terhirup dalam udara dapat meresap ke dalam paru-paru dan meningkatkan risiko terkena kanker paru-paru. Pemahaman akan pengaruh kualitas udara terhadap risiko kanker paru-paru menjadi penting dalam upaya pencegahan dan perlindungan kesehatan.
image article
20060/ART/ARN/XI/2023 18 November 2023
BULAN KESADARAN PENYAKIT PERNAPASAN OBSTRUKTIF KRONIK: MENYADARKAN PENTINGNYA KESEHATAN PERNAPASAN
PPOK melibatkan penyempitan saluran pernapasan jangka panjang, yang umumnya disebabkan oleh bronkitis kronis dan emfisema. Faktor risiko utama PPOK melibatkan kebiasaan merokok, paparan asap rokok pasif, serta paparan polusi. Bulan Kesadaran PPOK 2023 diharapkan menjadi momen penting untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang penyakit ini.
image article
20059/ART/ARN/XI/2023 15 November 2023
WABAH PNEUMONIA "MISTERIUS" DI CHINA
Meningkatnya angka kejadian penyakit pernapasan, terutama menyerang anak-anak di Tiongkok. Hal ini meningkat karena pencabutan pembatasan COVID-19 dan datangnya musim dingin, dan karena beredarnya patogen yang diketahui seperti influenza, Mycoplasma pneumoniae, Respiratory Syncytial Virus (RSV), SARS-CoV-2. Kasus pneumonia yang “misterius” ini menarik perhatian dunia.
image article
20058/ART/ARN/XI/2023 12 November 2023
MENGENALI PNEUMONIA PADA ANAK
Pneumonia adalah peradangan pada paru yang disebabkan oleh infeksi, bisa disebabkan oleh bakteri, virus, hingga jamur. Peradangan paru ini dapat menyebabkan anak kekurangan oksigen karena proses pertukaran oksigen akan terganggu. Pneumonia pada anak dapat dideteksi dengan melihat gejalanya, yaitu jika anak menunjukkan gejala batuk, demam, napas menjadi cepat, tampak kesulitan menarik napas, atau tampak tarikan dinding dada saat bernapas, maka harus diwaspadai pneumonia.
image article
20055/ART/ARN/X/2023 17 October 2023
PENTINGNYA HUMIDIFIER RUANGAN DALAM MENJAGA KESEHATAN PARU-PARU
Humidifier dapat memberikan kelembaban tambahan yang sangat diperlukan terutama saat udara terasa kering. Udara yang terlalu kering dapat menyebabkan berbagai masalah penyakit seperti batuk & pilek. Menjaga kelembaban udara di dalam ruangan pada tingkat yang sehat dapat membantu mencegah masalah pernapasan.
image article
20044/ART/ARN/V/2023 23 May 2023
PENGARUH POLUSI UDARA BAGI KESEHATAN
Polusi udara adalah ancaman lingkungan terbesar bagi kesehatan masyarakat secara global. Polusi perumahan, bahan bakar fosil, transportasi, pembakaran limbah, industri kimia dan pertambangan adalah sumber utama polusi udara buatan manusia secara global yang mencemari udara. Polusi udara dan perubahan iklim terkait erat karena semua polutan utama berdampak pada iklim. Meningkatkan kualitas udara akan membawa manfaat bagi kesehatan, pembangunan, dan lingkungan.
image article
20043/ART/ARN/V/2023 22 May 2023
BAHAYA DAN DAMPAK ASAP ROKOK DI DALAM RUMAH
Merokok meninggalkan bau serta racun pada baju, ruangan dan benda disekitar perokok. Hal ini membahayakan anggota keluarga lainnya karena memiliki kontak erat dengan perabotan rumah yang sudah terkontaminasi berbagai zat beracun yang berasal dari rokok.
image article
20041/ART/ARN/IV/2023 27 April 2023
KRITERIA UDARA DI FASILITAS KESEHATAN
Kualitas udara dalam ruangan (IAQ/Indoor Air Quality) terutama di fasilitas kesehatan sangat penting untuk diperhatikan, tidak hanya untuk kenyamanan tetapi juga untuk kesehatan pasien serta tenaga kesehatan yang bertugas. Kualitas udara dalam ruangan yang buruk dapat berdampak bagi kesehatan.
image article
20034/ART/ARN/II/2023 22 February 2023
LATIHAN UNTUK DISFUNGSI PENCIUMAN
Latihan penciuman (Olfactory training/Smell Training) merupakan salah satu pilihan perawatan non-farmakologis dan non-bedah untuk pasien dengan disfungsi penciuman. Pasien yang menjalani pelatihan penciuman akan melatih diri mereka untuk mencium 4 bau berbeda, dua kali sehari selama setidaknya 24 minggu.
image article
20031/ART/ARN/XI/2022 22 November 2022
ASAP ROKOK DAPAT SEBABKAN KANKER PARU-PARU
Merokok adalah faktor risiko nomor satu untuk kanker paru-paru. Lebih dari 7000 bahan kimia yang terkandung pada rokok dan asapnya berpotensi merusak sel paru-paru dengan berbagai cara. Bukan hanya perokok aktif yang memiliki risiko tinggi, namun perokok pasif juga sama berisikonya.
image article
20031/ART/ARN/XI/2022 18 November 2022
KENALI FAKTOR RISIKO PENYAKIT PARU OBSTRUKTIF KRONIS (PPOK)
Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK) merupakan penyakit pernapasan yang menyebabkan seseorang kesulitan bernapas karena kelainan pada saluran udara di paru-paru. Sejumlah faktor dapat meningkatkan risiko seseorang untuk mengidap PPOK.
image article
20030/ART/ARN/XI/2022 15 November 2022
PENYAKIT PARU YANG UMUM TERJADI KARENA INFEKSI MIKROBA
Penyakit paru-paru mengacu pada beberapa jenis penyakit atau gangguan yang mencegah paru-paru berfungsi dengan baik. Ada banyak jenis penyakit paru-paru dan faktor penyebab yang bervariasi. Contoh penyebab penyakit diantaranya adalah infeksi mikroba. Untuk mengurangi risiko penularan infeksi mikroba di udara yang dapat menyebabkan penyakit pada paru-paru, Disinfektan udara OXIRA bisa menjadi jawabannya.
image article
20031/ART/ARN/XI/2022 12 November 2022
MARI MENGENAL PNEUMONIA
Pneumonia adalah infeksi yang menyebabkan peradangan pada kantung udara di salah satu atau kedua paru-paru. Tanda & gejala pneumonia dapat bervariasi, tergantung dari tingkat keparahan dan juga faktor penyebabnya. Menggunakan disinfektan udara dengan teknologi UVGI seperti OXIRA dapat menjadi solusi untuk menghindari infeksi pneumonia.
image article
20029/ART/ARN/XI/2022 12 November 2022
HARI KESEHATAN NASIONAL 2022
Hari Kesehatan Nasional diperingati setiap tanggal 12 November setiap tahun. Setiap orang dapat berperan dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan, PT Isotekindo juga tak ketinggalan berperan dalam peningkatan kesadaran kesehatan dengan menyediakan berbagai jenis alat kesehatan yang dapat digunakan untuk pemakaian pribadi maupun dipakai di fasilitas kesehatan.
image article
20027/ART/ARN/IX/2022 24 October 2022
8 ALASAN MEMILIH OXIRA SEBAGAI DISINFEKTAN UDARA UVGI
Kualitas udara yang buruk di dalam ruangan dapat disebabkan oleh polusi dari luar ruangan atau dari benda-benda di dalam ruangan yang tidak kita sadari menjadi tempat berkembangnya kuman penyakit. Terutama pada ruang tertutup tanpa ventilasi, tempat ini tentu saja akan menjadi tempat dimana debu, bakteri, jamur dan virus akan terus berada di dalam ruangan dan berkembang biak sehingga mencemari udara dan menurunkan kualitasnya.
image article
200019/ART/ARN/V/2022 31 May 2022
HARI ANTI-TEMBAKAU SEDUNIA, BERHENTI ATAU MATI.
Kebiasaan merokok tidak hanya menjadi masalah pada orang dewasa tetapi juga merajalela di kalangan anak-anak dan remaja. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya prevalensi merokok pada penduduk usia 10-18 tahun. Sejak 1988, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menggunakan ikon eksternal “Hari Tanpa Tembakau Sedunia” untuk menyoroti efek berbahaya dari rokok dan produk tembakau lainnya pada kesehatan seseorang secara keseluruhan.
image article
200017/ART/ARN/V/2022 20 May 2022
KEKUATAN DISINFEKSI UVGI DALAM MENONAKTIFKAN MIKROBA
Sinar UV dalam rentang panjang gelombang dari 200 hingga 300 nm memiliki efek desinfektan. Sinar UV akan diserap oleh DNA mikroorganisme, menghancurkan strukturnya dan menonaktifkan sel-sel hidup. Dalam hitungan detik radiasi UV-C (UVGI) membuat virus, bakteri, ragi dan jamur menjadi tidak berbahaya. Jika intensitas penyinaran cukup tinggi, disinfeksi UV adalah metode yang andal dan ramah lingkungan, karena penambahan bahan kimia tidak diperlukan.
image article
200014/ART/ARN/IV/2022 12 April 2022
MUSYAWARAH NASIONAL ASOSIASI RUMAH SAKIT DAERAH (ARSADA) SELURUH INDONESIA VII 2021
Asosiasi Rumah Sakit Daerah (ARSADA) telah melakukan agenda Musyawarah Nasional Asosiasi Rumah Sakit Daerah Seluruh Indonesia VII . Isotekindo Intertama turut serta aktif dalam exhibition yang digelar pada kegiatan Musyarawah Nasional ARSADA.
image article
200013/ART/ARN/IV/2022 08 April 2022
MINGGU KESADARAN KUALITAS UDARA: PENTINGNYA MENJAGA KUALITAS UDARA DI DALAM RUMAH
Tak hanya di luar rumah, udara yang buruk di dalam rumah juga dapat menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan. Kualitas udara yang buruk di dalam rumah dapat disebabkan oleh polusi dari luar rumah atau berasal dari benda-benda di dalam rumah yang tidak kita sadari menjadi tempat berkembangnya kuman penyakit.
image article
200012/ART/ARN/IV/2022 01 April 2022
HARI TUBERKULOSIS SEDUNIA: DETEKSI KUALITATIF ANTIBODI ANTI-TBC
Tuberkulosis disebabkan oleh Mycobacterium Tuberculosis dan dapat menular melalui droplet. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan bahwa lebih dari 8 juta kasus baru tuberkulosis aktif didiagnosis setiap tahun. Diagnosis tepat waktu sangat penting untuk pengendalian TBC, karena hal ini memberikan inisiasi awal terapi dan membatasi penyebaran infeksi lebih lanjut. ACCU-TELL® TB Cassette (Whole Blood/Serum/Plasma) adalah rapid test chromatographic immunoassay untuk deteksi kualitatif antibodi anti-TBC (Isotipe IgG, IgM dan IgA) dalam spesimen darah utuh, serum atau plasma.
image article
00003/ART/STA/III/2019 16 March 2019
BERBAHAYA! ANEKA PENYAKIT BISA DIDAPAT AKIBAT KUALITAS UDARA BURUK DALAM RUANGAN TERTUTUP
Saat ini banyak terdapat penyakit yang berhubungan dengan kualitas udara, baik penyakit ringan bahkan penyakit serius seperti ISPA, TBC, Pneumonia, Covid-19 bahkan kanker. Menurut data, terdapat hampir 90% masyarakat yang tinggal di kota, lebih sering menghabiskan waktunya di ruangan tertutup, baik untuk bekerja, belajar, istirahat, maupun diskusi. Oleh karena itu, pada saat ini perlu dipikirkan bagaimana cara menciptakan udara yang sehat agar dapat terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh udara. WHO merekomendasikan penggunaan teknologi Ulta Violet Germicidal Irradiation (UVGI) seperti OXIRA tipe XG yang dapat digunakan oleh masyarakat umum di ruang tertutup. Oxira tipe XG telah terbukti efektif mengurangi daya infeksi mikroorganisme hingga 85%.