image article
200019/ART/ARN/V/2022 31 May 2022
HARI ANTI-TEMBAKAU SEDUNIA, BERHENTI ATAU MATI.
Kebiasaan merokok tidak hanya menjadi masalah pada orang dewasa tetapi juga merajalela di kalangan anak-anak dan remaja. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya prevalensi merokok pada penduduk usia 10-18 tahun. Sejak 1988, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menggunakan ikon eksternal “Hari Tanpa Tembakau Sedunia” untuk menyoroti efek berbahaya dari rokok dan produk tembakau lainnya pada kesehatan seseorang secara keseluruhan.
image article
200017/ART/ARN/V/2022 20 May 2022
KEKUATAN DISINFEKSI UVGI DALAM MENONAKTIFKAN MIKROBA
Sinar UV dalam rentang panjang gelombang dari 200 hingga 300 nm memiliki efek desinfektan. Sinar UV akan diserap oleh DNA mikroorganisme, menghancurkan strukturnya dan menonaktifkan sel-sel hidup. Dalam hitungan detik radiasi UV-C (UVGI) membuat virus, bakteri, ragi dan jamur menjadi tidak berbahaya. Jika intensitas penyinaran cukup tinggi, disinfeksi UV adalah metode yang andal dan ramah lingkungan, karena penambahan bahan kimia tidak diperlukan.
image article
200014/ART/ARN/IV/2022 12 April 2022
MUSYAWARAH NASIONAL ASOSIASI RUMAH SAKIT DAERAH (ARSADA) SELURUH INDONESIA VII 2021
Asosiasi Rumah Sakit Daerah (ARSADA) telah melakukan agenda Musyawarah Nasional Asosiasi Rumah Sakit Daerah Seluruh Indonesia VII . Isotekindo Intertama turut serta aktif dalam exhibition yang digelar pada kegiatan Musyarawah Nasional ARSADA.
image article
200013/ART/ARN/IV/2022 08 April 2022
MINGGU KESADARAN KUALITAS UDARA: PENTINGNYA MENJAGA KUALITAS UDARA DI DALAM RUMAH
Tak hanya di luar rumah, udara yang buruk di dalam rumah juga dapat menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan. Kualitas udara yang buruk di dalam rumah dapat disebabkan oleh polusi dari luar rumah atau berasal dari benda-benda di dalam rumah yang tidak kita sadari menjadi tempat berkembangnya kuman penyakit.
image article
200012/ART/ARN/IV/2022 01 April 2022
HARI TUBERKULOSIS SEDUNIA: DETEKSI KUALITATIF ANTIBODI ANTI-TBC
Tuberkulosis disebabkan oleh Mycobacterium Tuberculosis dan dapat menular melalui droplet. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan bahwa lebih dari 8 juta kasus baru tuberkulosis aktif didiagnosis setiap tahun. Diagnosis tepat waktu sangat penting untuk pengendalian TBC, karena hal ini memberikan inisiasi awal terapi dan membatasi penyebaran infeksi lebih lanjut. ACCU-TELL® TB Cassette (Whole Blood/Serum/Plasma) adalah rapid test chromatographic immunoassay untuk deteksi kualitatif antibodi anti-TBC (Isotipe IgG, IgM dan IgA) dalam spesimen darah utuh, serum atau plasma.
image article
00003/ART/STA/III/2019 16 March 2019
BERBAHAYA! ANEKA PENYAKIT BISA DIDAPAT AKIBAT KUALITAS UDARA BURUK DALAM RUANGAN TERTUTUP
Saat ini banyak terdapat penyakit yang berhubungan dengan kualitas udara, baik penyakit ringan bahkan penyakit serius seperti ISPA, TBC, Pneumonia, Covid-19 bahkan kanker. Menurut data, terdapat hampir 90% masyarakat yang tinggal di kota, lebih sering menghabiskan waktunya di ruangan tertutup, baik untuk bekerja, belajar, istirahat, maupun diskusi. Oleh karena itu, pada saat ini perlu dipikirkan bagaimana cara menciptakan udara yang sehat agar dapat terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh udara. WHO merekomendasikan penggunaan teknologi Ulta Violet Germicidal Irradiation (UVGI) seperti OXIRA tipe XG yang dapat digunakan oleh masyarakat umum di ruang tertutup. Oxira tipe XG telah terbukti efektif mengurangi daya infeksi mikroorganisme hingga 85%.